Kanal

25 Tahun Berkiprah, Prestasi Valentino Rossi Tak Perlu Diragukan Lagi

Penulis: Abdi Ardiansyah
23 Feb 2021, 14:50 WIB

Valentino Rossi

Berita MotoGP:  Krisis kemenangan dan performa yang kian menurun membuat nama Valentino Rossi kian meredup. Namun menurut eks kepala kru Rossi, Jeremy Burgess, prestasi rider asal Italia itu tak perlu diragukan lagi.

Sebagaimana diketahui, Valentino Rossi memang mengalami penurunan performa yang cukup drastis dalam beberapa musim terakhir ini. Ia bahkan belum pernah memenangi balapan lagi sejak GP Assen, Belanda pada 25 Juni 2017.

Hal itulah yang membuat banyak pihak mulai meragukan kemampuan Rossi lagi. Rider berusia 42 tahun itu juga banyak mendapat saran untuk mengakhiri kariernya lantaran usianya yang sudah tak muda lagi.

Namun menurut Jeremy Burgess yang merupakan mantan kepala kru Rossi, rider asal Italia itu tak perlu membuktikan apapun, sebab pencapaian selama 25 tahun berkarier sudah cukup menjawab semuanya.

Rider berjuluk The Doctor itu memang tercatat sudah merengkuh sembilan gelar juara dunia dan 115 kemenangan balapan.

"Tidak ada yang mengemudi sepandai dan secepat Valentino di lap terakhir," kata kepala kru lamanya, Jeremy Burgess sebagaimana dilansir dari Speedweek.

Rossi telah meraih 115 kemenangan dan 235 podium yang luar biasa dalam 414 Grand Prix, tetapi hanya meraih 65 posisi terdepan. Itulah mengapa pembalap penguji Yamaha yang baru, Cal Crutchlow mengatakan bahwa Rossi adalah orang yang suka balapan.

Rekan setim Rossi sebelumnya di Yamaha, Maverick Vinales, mengetahui rekor yang dimiliki Rossi.

"Tidak masalah apakah Valentino hanya berada di posisi ke-13 atau ke-4 dalam kualifikasi. Pada Minggu dia selalu memperebutkan podium. Dia berlatih lebih dari sebelumnya. Dia memperhatikan setiap gram lemak, anak didik mudanya di VR46 Riders Academy menginspirasi dia."

Rider berusia 42 tahun itu dianggap sebagai pengembang motor yang berbakat. Ia mengemudi dengan cepat di setiap lintasan balap. Selain itu dalam hujan dan kekeringan, ia memiliki sedikit kelemahan Rossi biasanya mengalami cedera di luar lintasan balap MotoGP yakni ketika dia sedang berlatih motocross.

Artikel Tag: Valentino Rossi, MotoGP 2021

Berita Terkait

Berita Terpopuler Minggu Ini

Berita Terbaru