Wenger Ungkap Alasan Kenapa Arsenal Harus Menunjuk Arteta Sebagai Ganti Dirinya

Penulis:
Kamis , 21:09 WIB
Wenger Ungkap Alasan Kenapa Arsenal Harus Menunjuk Arteta Sebagai Ganti Dirinya

Mikel Arteta telah difavoritkan untuk menjadi pengganti Wenger di Arsenal (Sumber foto: The Daily Express)

Berita Liga Inggris: Mantan kapten Arsenal, Mikel Arteta rupanya telah mendapat dukungan untuk mengambil alih peran manajer di Emirates oleh mantan bosnya Arsene Wenger. The Gunners memang sedang mencari bos baru setelah Wenger meninggalkan jabatannya di akhir musim ini setelah 22 tahun bertugas.

Dan Arteta dikatakan tetap menjadi salah satu favorit kuat untuk menggantikan peran juru taktik asal Prancis tersebut di mana Wenger sendiri sangat percaya kalau mantan anak asuhnya itu memiliki kredibilitas untuk melakukan pekerjaan itu.

“Dia memiliki semua kualitas untuk melakukan pekerjaan itu, iya dan saya pikir dia juga salah satu favorit,” ujar Wenger kepada BeinSports. “Dia adalah seorang pemimpin dan dia memiliki gairah yang bagus untuk sebuah permainan dan dia tahu klub dengan baik, dia tahu apa yang penting di klub dan dia adalah kapten klub. Kenapa tidak?”

Meksi banyak pihak menyatakan kalau Arteta masih kurang pengalaman dalam hal manajerial, namun Wenger yakin jejeran personil pelatih yang berpengalaman yang dimiliki Arsenal akan dapat membantu membimbing mantan pemain asal Spanyol tersebut. Arteta juga telah meningkatkan ketrampilannya di bawah arahan Pep Guardiola sebagai salah satu asistennya di Manchester City.

“Saya meninggalkan banyak pengalaman di belakang saya, orang-orang yang pernah bersama-sama dengan saya seperti Steve Bould yang memiliki pengalaman enam tahun, dan Jens Lehmann juga,” tambah Wenger. “Dia juga asisten Guardiola, jadi secara keseluruhan saya pikir dia memiliki kualitas.”

Meskipun Wenger sangat memberikan pujiannya pada kredibilitas yang dimiliki Arteta, tapi ia mengatakan kalau dirinya tidak ingin mempengaruhi keputusan dewan klub dalam memilih siapa yang pas untuk menjadi pengganti dirinya di Emirates kelak.

“Saya tidak ingin mempengaruhi hal itu secara publik karena bagi saya, saya percaya bahwa ini penting kalau mereka bisa membuat pilihan mereka dengan cara yang obyektif dan setelah mereka membuat keputusan, saya akan mendukung mereka," tambah Wenger.

Arteta sendiri diatur untuk bertemu dengan pimpinan The Gunners untuk membahas kemungkinan pengambilalihan peran Wenger, di mana klub asal London utara itu menginginkan kalau mereka sudah memilih orang tepat sebelum pagelaran Piala Dunia 2018.

Dan dapat dipahami bahwa pemegang saham mayoritas klub, Stan Kroenke dan anggota dewan lainnya akan bertemu pada hari Senin mendatang untuk membahas terkait pemberian pekerjaan itu kepada Arteta. Sementara itu manajer Manchester City, Pep Guardiola telah menyatakan kalau dirinya tidak akan menahan Arteta jika mantan pemain Spanyol itu memilih untuk pindah ke Emirates.

"Apa yang telah kami lakukan musim ini, kontribusi Mikel sangat luar biasa, mengagumkan, kami bekerja sama begitu baik,” imbuh Pep. “Jika dia tetap bertahan, saya akan menjadi orang paling bahagia di dunia dan jika dia memutuskan untuk pindah karena dia memiliki tawaran ini, pilihan ini, saya tidak akan mengatakan Anda tidak harus pergi. Saya ingin yang terbaik untuk teman-teman saya dan dia seorang teman saya.”

“Jika dia memutuskan untuk pergi, saya akan sangat sedih tetapi saya akan memahami keputusannya karena ini adalah karirnya, kehidupannya, keluarganya, dan saya bukan orang yang tepat untuk mengatakan Anda tidak perlu melakukan itu. Tapi semoga saja dia bisa tetap tinggal dan menyelesaikan apa yang kita mulai bersama di tahun-tahun mendatang,” tutup Guardiola.

Artikel Tag: arsene wenger, mikel arteta, arsenal

690