Supardi Berharap Pelatih Persib Tak Kurangi Porsi Latihan Saat Puasa

Penulis:
Kamis , 19:00 WIB
Supardi Berharap Pelatih Persib Tak Kurangi Porsi Latihan Saat Puasa

Supardi

Berita Liga 1 Indonesia: Kapten Persib Bandung Supardi Nasir antusias menghadapi program latihan rutin di bulan Ramadan meski sambil menahan haus serta lapar. Baginya puasa bukan alasan untuk berleha-leha dan justru harus dilakukan dengan ikhlas dan juga penuh semangat.

Persib akan tetap berlatih normal di bulan Ramadan karena kompetisi Liga 1 2018 pun terus berlangsung. Demi meraih hasil maksimal di tiap laga, Supardi pun ingin porsi latihannya tidak dikurangi meski sedang puasa.

Sang kapten sudah berbicara dengan staf pelatih Persib termasuk Yaya Sunarya selaku pelatih fisik. Dirinya mengatakan pemain di tim tidak masalah meski harus bekerja keras sambil puasa karena hal itu bukan perkara aneh.

"Saya udah bicara pada coach Yaya kemarin, jangan (diubah porsi latihan), ga ada yang aneh di latihan pada bulan Ramadan malah makin nyaman tapi kita lawan," tutur Supardi ketika diwawancara.

Menurutnya puasa bukan menjadi rintangan bagi seseorang lakukan pekerjaan berat. Mindset dari tiap individu yang menurut pemain berusia 35 tahun ini akan mempengaruhi kekuatan seseorang. Jika ada yang merasa lemas karena puasa, itu hanya masalah mental.

"Puasa itu segar malah tambah ringan badan itu karena itu balik kepada mental masing-masing lagi kalo tidak bisa melawan mental itu misalkan 'aduh lemes puasa' ya lemes jadinya," terang Pardi.

Yaya Sunarya pun mewakili tim pelatih mengatakan agenda latihan musim ini tidak akan dikurangi porsinya. Karena kompetisi tetap berjalan yang artinya setiap tim berlomba-lomba menggapai hasil maksimal, untuk itu Persib tidak boleh bersantai.

"Tentunya jika ada perbedaan materi latihan dengan pengondisian ketika bulan puasa akan jelas berpengaruh kepada tim. Jadi kita tetap lakukan aktivitas dengan volume dan intensitas yang sama, cuma yang membedakan kondisinya di bulan puasa," ujar Yaya.

Dia bersama jajaran pelatih pun sudah berdiskusi dengan seluruh pemain soal rencana ini. Respon positif pun didapat hingga sesi latihan disepakati akan tetap digeber dengan tensi tinggi, Tapi sesekali divariasikan dengan agenda latihan malam usai berbuka.

"Kita sudah koordinasi dengan pemain karena kita ingin maksimal misalnya dengan latihan malam. Tetapi pemain juga udah terbiasa latihan sore di bulan puasa," tukas Yaya.

Artikel Tag: supardi, persib, bandung, puasa, yaya sunarya

215