Alami Masalah Mesin di GP Spanyol, Raikkonen Tak Perlu Mesin Baru

Penulis:
Kamis , 11:00 WIB
Alami Masalah Mesin di GP Spanyol, Raikkonen Tak Perlu Mesin Baru

Kimi Raikkonen alami masalah mesin di GP Spanyol

Berita F1: Usai mengalami masalah mesin dan tersingkir pada balapan Formula 1 GP Spanyol pekan lalu, pebalap Ferrari, Kimi Raikkonen, diyakini tidak memerlukan mesin baru untuk menghadapi balapan selanjutnya pada GP Monako.

Nasib sial menimpa Raikkonen pada lap ke-26, mobil pebalap Ferrari tersebut mengalami masalah dan kehilangan tenaga. Pada awalnya ia diinstruksikan untuk menghentikan mobil, namun mobilnya masih bisa kembali sampai pit.

Diduga masalah kabel menjadi penyebab matinya silinder sebelah kiri pada mesin V6 Ferrari yang dipakainya. Karena masalah tersebut tidak terlalu serius, mesin tersebut masih bisa dipakai untuk GP Monako, mengingat mesin tersebut baru saja digunakan di GP Spanyol.

Ferrari baru saja mengganti mesin pembakaran internal, turbocharger dan MGU-H setelah ia mengalami masalah pada sesi latihan bebas hari Jumat (17/5) di Spanyol.

Komponen-komponen baru tersebut awalnya diharapkan bisa bertahan hingga akhir balapan Monako, dan kemudian baru diganti di GP Kanada, di mana saat itu Ferrari akan meluncurkan upgrade terbaru mesin mereka.

Namun karena sudah lebih dulu diganti, maka Raikkonen harus bersabar dan menunggu lebih lama setidaknya hingga GP Jerman bulan Juli mendatang sebelum bisa mendapat upgrade tersebut.

Dengan kata lain, Raikkonen harus menyelesaikan enam balapan dengan komponen mesin yang dipasang di Spanyol sebelum akhirnya bisa mendapat tambahan performa tersebut. Karena peraturan terbaru di F1 2018 membatasi pergantian mesin hanya tiga kali selama satu musim.

Jika benar-benar terjadi, hal ini membuat Raikkonen harus bertarung selama empat balapan menggunakan mesin yang lebih tua dibanding Sebastian Vettel, jika rekannya tersebut mendapatkan upgrade di GP Kanada.

Artikel Tag: gp spanyol, f1 2018, circuit de barcelona-catalunya, kimi raikkonen, ferrari, gp monako

1126