Promotor Golovkin Sambut Baik Keputusan Canelo Tes Doping

Penulis:
Rabu , 23:45 WIB
Promotor Golovkin Sambut Baik Keputusan Canelo Tes Doping

Canelo Alvarez (kiri) dan Gennady Golovkin/BoxingScene

Berita Tinju: Selasa (15/5) lalu, bintang tinju Meksiko Saul "Canelo" Alvarez (49-1-2, 34 KO) mengumumkan dirinya telah mendaftarkan diri untuk menjalani tes doping sepanjang tahun dengan VADA (Voluntary Anti-Doping Association). Kubu Gennady Golovkin menyambut baik keputusan itu.

Canelo dalam sorotan sejak terbukti positif dalam dua kali tes. Di dalam tubuhnya ditemukan zat terlarang clenbuterol, Februari lalu.

Meski dia berkilah bahwa zat tersebut bisa ada di tubuhnya karena mengonsumsi daging yang terkontaminasi, Canelo tak bisa lepas dari hukuman. Komisi Atletik Nevada tetap menghukumnya tak boleh tampil selama enam bulan.

Akibat terbukti mengonsumsi zat terlarang, jadwal laga ulang Canelo dengan juara kelas berat IBF, IBO, WBC, dan WBA Gennady Golovkin (38-0-1, 34 KO) batal. Partai ini seharusnya digelar pada 5 Mei lalu di T-Mobile Arena, Las Vegas.

Canelo akan kembali naik ring pada 15 September, bertepatan Hari Kemerdekaan Meksiko, dan laga ulang melawan Golovkin akan menjadi prioritas utamanya. Namun timbul ketegangan di antara dua pihak setelah dua petinggi Eksekutif Golden Boy Promotors, yang menangani Canelo, menyatakan petinjunya baru akan menjalani tes doping jika kesepakatan laga kedua ptinju sudah ditandatangani.

Promotor Golovkin Tom Loeffler, mengaku gembira mendengar kabar pengakuan Canelo. Menurutnya, petinju Meksiko itu sudah melakukan ha; yang benar untuk membersihkan namanya.

“Saya pikir ini hal yang benar khususnya buat seseorang yang mengaku dirinya tak bersalah,” kata Loeffler kepada Yahoo Sports.

“Gennady sudah bersih selama ini dan tak masalah jika harus menjalani tes untuk pertandingan September. Dia berharap Canelo juga demikian. Jadi langkah ini adalah langkah yang tepat,” paparnya lagi.

“Tes itu adalah sebuah syarat (untuk menggelar pertarungan) namun mereka tak juga melakukannya. Ini akan menjadi masalah saat menjelang laga nanti,” papar Tom Loeffler.

“Saat dia berkata akan mulai menjalani tes saat kontrak ditandatangani ini membangkitkan harapan. Jika dia menjalani tes sekarang, itu tak akan menjadi masalah. Ini langkah yang bagus,” katanya.

Artikel Tag: gennady golovkin, tom loeffler, kelas menengah, ibf, wba, ibo, canelo alvarez, saul alvarez, berita tinju, eric gomez, oscar de la hoya

621