Umuh Desak PSSI Perhatikan Kualitas Wasit di Liga 1

Penulis:
Rabu , 22:30 WIB
Umuh Desak PSSI Perhatikan Kualitas Wasit di Liga 1

Umuh Muchtar

Berita Liga 1 Indonesia: Keluhan sudah diutarakan staf pelatih Persib yang merasa wasit serta federasi tidak memberi perlindungan kepada pemainnya. Seperti kejadian pukulan telak dari Abdoulaye Maiga ke wajah dari Bojan Malisic saat Persib menjamu Persipura.

Manajer Persib Umuh Muchtar mendesak pihak PSSI supaya memerhatikan keselamatan seluruh pemain di Liga 1 2018. Sebab wasit-wasit di tanah air kerap abai terhadap aksi-aksi kasar pemain yang tidak mencerminkan sikap 'fair play'.

Umuh mencontohkan bahwa Bojan Malisic saat ini merasa terganggu karena dirinya kerap jadi sasaran pihak lawan. Dia sempat alami patah tulang hidung di pekan ketiga kala menghadapi Mitra Kukar dan dapat perawatan intensif.

Kondisi hidung yang belum sepenuhnya pulih pun dibidik penggawa lawan dengan cara kasar. Dia sempat ditanduk di bagian wajah di Malang oleh Arthur Cunha. Berikutnya giliran Maiga yang mengayunkan kepalan tangan ke muka Malisic dan dibiarkan wasit.

"Pemain pasti trauma ya, main katanya di Indonesia kaya begini. Dua kali dia kena sikut dan kemarin dia di sikut lagi itu murni pelanggaran tapi ngga dikasih kartu, dia nanti bisa trauma," ujar Umuh ketika diwawancara.

Umuh meminta supaya kualitas wasit diperhatikan betul oleh PSSI karena menurutnya ini adalah penyakit dari tahun ke tahun. Tapi tetap saja masalah korps baju hitam belum juga menemukan solusi. Baginya wasit yang memimpin Persib harus yang punya ketegasan.

"Saya minta wasit yang tegas, kalau tidak tegas kan bahaya juga jadi Wasitnya harus benar-benar terdidik dan tahu aturan. Kalau Persib itu udah kelas tinggi jadi wasit juga jangan asal-asalan lah," jelas Umuh.

Meski begitu manajemen Persib tidak melayangkan surat keberatan kepada PSSI. Karena menurutnya proses protes itu adalah hal-hal yang percuma lantaran dari pengalaman sebelumnya tak ditanggapi.

"Dari manajemen mau proses juga percuma jadi saya cuma berharap agar PSSI bisa cepat menyadari. Dan juga jangan terlalu gampang kasih sanksi buat Persib jadi tolong di perhitungkan juga lah," tukasnya.

Artikel Tag: umuh muchtar, persib, bandung, manajer, bojan malisic, pssi, wasit

349