Terkait Kericuhan di Laga Arema vs Persib, PT LIB Tunggu Putusan Komdis

Penulis:
Selasa , 13:00 WIB
Terkait Kericuhan di Laga Arema vs Persib, PT LIB Tunggu Putusan Komdis

Penonton saat memasuki area lapangan pada pertandingan Arema FC vs Persib Bandung/foto warta kota

Berita Liga 1 Indonesia: PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator resmi Liga 1 Indonesia 2018 memastikan status laga Arema FC kontra Persib Bandung di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (15/4) lalau sudah selesai dengan hasil akhir 2-2 untuk kedua tim.

Pertandingan sendiri memang tidak sempat diakhiri oleh wasit karena pada masa injury time babak kedua terjadi kericuhan karena ulah oknum suporter yang masuk ke dalam lapangan. Akibat kejadian itu, meski wasit belum meniup pluit panjang sebagai tanda berakhirnya laga, pertandingan terpaksa dihentikan karena situasi yang memang tidak memungkinkan.

Terkait hal itu, COO PT LIB Tigorshalom Boboy menyebutkan bahwa pertandingan dinyatakan telah selesai. Apa yang telah diputuskan LIB tersebut sesuai dengan regulasi yang tertuang pada pasal 12 ayat 1 C dan 1 D. Dalam regulasi tersebut dijelaskan jika force majure yang termasuk kericuhan penonton maka status pertandingan akan diputuskan oleh LIB. Hanya saja, putusan dari LIB tersebut harus melalui beberapa pertimbangan dan proses berdasarkan keputusan wasit dan laporan dari pengawas pertandingan.

"Acuannya pada laporan pertandingan yang dikirimkan oleh pengawas pertandingan. Semua telah kami baca dan pelajari secara terperinci. Dari laporan tersebut, kami memutuskan pertandingan telah selesai," jelasnya seperti dilansir dari laman situs resmi Liga Indonesia.

Meski status pertandingan sudah selesai, Tigor belum bisa menyampaikan terkait sanksi yang akan diterima tuan rumah terkait terjadinya insiden kericuhan tersebut. PT LIB selaku operator akan menyerahkan kasus ini sepenuhnya kepada yang lebih berhak, yaitu Komisi Disiplin PSSI.

"Komisi Disiplin yang akan mempelajari kasus ini dan jika ada yang salah atau melanggar peraturan, maka Komdis yang akan menentukan hukumannya. Kami berharap kejadian seperti ini tidak akan terulang lagi," pungkas Tigor.

Artikel Tag: liga 1, arema fc, persib bandung, joko susilo, mario gomes

226