Klitschko: Lawan Wilder Laga Berbahaya Bagi Joshua

Penulis:
Selasa , 07:00 WIB
Klitschko: Lawan Wilder Laga Berbahaya Bagi Joshua

Anthony Joshua (kiri) dan Wladimir Klitschko/The Sun

Berita Tinju: Mantan raja kelas berat dunia, Wladimir Klitschko, mengaku sangat terkesan oleh kemampuan penyandang sabuk juara kelas berat WBC Deontay Wilder (40-0, 39 KO). Dia juga yakin Wilder akan jadi lawan yang sangat berbahaya bagi Anthony Joshua.

Saat ini kubu Wilder tengah melakukan pembicaraan untuk bertarung dengan pemegang juara kelas berat empat badan tinju dunia IBF, IBO, WBA, dan WBO Anthony Joshua (21-0, 20 KO).

Wilder dan Joshua pernah menjadi lawan latih tanding Klitschko. Petinju asal Ukraina itu telah memutuskan mundur dari tinju profesional tahun lalu.

Dalam kariernya, Klitschko pernah bertarung melawan Joshua pada April 2017 di depan 90.000 penonton di Stadion Wembley, London. Klitschko sempat membuat Joshua tumbang danmendapat masalah serius pada ronde keenam. Namun petinju yang usianya lebih muda itu kemudian bangkit dan membuat Klitschko dua kali mencium kanvas sebelum akhirnya menyerah pada ronde ke-11.

Semula partai ulang akan digelar namun Klitschko ternyata lebih memilih pensiun. Klitschko menjagokan Joshua bisa menundukkan Tyson Fury, petinju yang pernah membuatnya mengalami kekalahan pertama dalam 10 tahun. Namun dia ragu bintang super asal Inggris bisa mengatasi Wilder yang menurutnya petinju berbahaya.

Deontay Wilder (kiri) saat bertemu Luis Ortiz. (Foto: Boxingscene)

Menurutnya Wilder memiliki kelebihan seperti unggul dalam kecepatan yang bisa meredam kemmpuan teknik Joshua.

“Ini akan jadi pertarungan yang berbahaya bagi Joshua. Saya tidak mengatakan dia tak akan menang namun Wilder punya sesuatu,” ungkap sosok yang kini berusia 42 tahun itu.

“Karena bobotnya, dia (Wilder) bisa sangat cepat. Dia memiliki pukulan yang kuat pada kedua tangannya dan dia juga sangat cepat. Mungkin tekniknya sedikit gila namun pukulannya itu bisa datang dari arah yang tak disangka,” imbuh pemilik rekor 64 kali menang (53 KO) serta lima kali kalah ini.

“Sangat sulit bertahan dari serbuannya. Lawan dibuat bingung dari mana pukulannya bisa datang,” paparnya lagi.

“Joshua mungkin memiliki kemampuan lebih namun Wilder lebih tinggi dan lebih cepat dibanding Joshua,” papar Klitschko lagi.

“Pukulannya memang tak ditopang bobot tubuhnya namun dia sangat cepat dan ini akan tergantung pada mood yang dirasakan kedua petinju,” kata Klitschko.

Artikel Tag: anthony joshua, deontay wilder, joseph parker, wladimir klitschko, tinju kelas berat, wba, ibf, ibo, berita tinju, eddie hearn, wbc, wbo

958