Sektor Bulu Tangkis Bantu Malaysia Lampaui Target Emas Commonwealth Games

Penulis:
Senin , 19:45 WIB
Sektor Bulu Tangkis Bantu Malaysia Lampaui Target Emas Commonwealth Games

Chow Mei Kuan-Vivian Hoo/[Foto:NST]

Berita Badminton: Raihan dua medali emas di cabang bulutangkis membuat target medali Malaysia di Commonwealth Games tercapai secara keseluruhan yakni dengan meraih 7 medali emas, 5 perak dan 12 perunggu. Hasil itu melampaui capaian empat tahun lalu di Glasgow Skotlandia dengan 6 emas, 7 perak dan 6 perunggu.

Presiden Federasi Badminton Malaysia (BAM), Datuk Seri Norza Zakaria memuji permainan Lee Chong Wei dan pasangan Chow Mei Kuan/Vivian Hoo yang berhasil menyumbang medali emas untuk membantu Malaysia melampaui target Commonwealth Games mereka secara keseluruhan.

Namun Norza juga kecewa dengan ganda putra Goh V Shem/Tan Wee Kiong dan ganda campuran Goh Soon Huat/Shevon Lai Jemie yang gagal meraih medali emas meski menempati unggulan teratas di turnamen individual.

Cabang bulutangkis total menyumbangkan dua medali emas, satu perak dan dua perunggu di Gold Coast Commonwealth Games.

"Kami tidak mencapai target kami, tetapi cabang bulutangkis pasti berkontribusi pada target Malaysia," kata Norza.

"Chong Wei dan Mei Kuan/Vivian tampil dengan tekanan untuk mengantarkan medali emas. Chong Wei adalah pemain yang tidak pernah mengecewakan dan dia adalah panutan kami sementara Mei Kuan/Vivian mampu menjawab keraguan saat tidak diunggulkan."

"Namun saya kecewa dengan V Shem/Wee Kiong dan Soon Huat/Shevon. Mereka mengecewakan kami. Permainan Huat/Shevon tidak konsisten sejak All England dan mereka perlu melakukan evaluasi menyeluruh," Norza menambahkan.

"Kami menurunkan dua pasangan di ganda campuran yakni Soon Huat/Shevon dan Chan Peng Soon/Goh Liu Ying agar bisa menekan negara-negara lain. Namun mereka tidak mampu melakukannya dengan baik. V Shem/Wee Kiong juga terlalu percaya diri."

"Saya akan mengadakan rapat dengan komite pembinaan dan pelatihan ketika saya kembali ke Malaysia, dan kami akan melihat area mana yang dapat kami tingkatkan. Medali emas kami seharusnya berasal dari tim campuran. Namun India sebagai unggulan teratas bermain bagus. Ini adalah refleksi dari seberapa baik mereka yang makin berkembang," pungkas Norza.

Artikel Tag: chow mei kuan, vivian hoo, commonwealth games 2018

414