Vettel Apresiasi Verstappen yang Langsung Meminta Maaf Usai Tabrakan

Penulis:
Senin , 14:00 WIB
Vettel Apresiasi Verstappen yang Langsung Meminta Maaf Usai Tabrakan

Mobil Sebastian Vettel berputar usai tabrakan dengan Verstappen (LAT Images)

Berita F1: Pemimpin klasemen sementara Formula 1 2018, Sebastian Vettel, mengatakan bahwa ia mengapresiasi sikap Max Verstappen yang langsung meminta maaf setelah keduanya saling bersenggolan pada balapan GP Tiongkok, pada hari Minggu (15/4).

Vettel yang memenangi dua grand prix sebelumnya akhirnya harus mengubur impiannya untuk meraih kemenangan ketiganya setelah ditabrak oleh Verstappen saat balapan tinggal menyisakan 13 lap.

Verstappen mengaku bertanggung jawab penuh atas insiden tersebut, ia langsung menemui Vettel untuk meminta maaf begitu balapan usai.

"Dia langsung datang sesudah [balapan]. Dia menyadari bahwa dia melakukan kesalahan," kata Vettel.

"Saya berkata kepadanya, ’lihat, balapan masih panjang dan kamu membuang podiummu.’ Ia beruntung masih bisa melanjutkan, saya beruntung masih bisa melanjutkan, tetapi hal seperti itu tidak perlu.”

"Kurasa dia mengerti. Dia cukup tenang dan menyadari kalau dia salah.”

"Orang-orang bertanya apakah itu masalah usia, tapi tidak. Dia sudah melalui begitu banyak balapan.”

"Kami mendapat sedikit angin di sepanjang balapan dan setelah 41 lap, Anda tahu itu sulit untuk mengerem mobil di sana. Tapi itulah yang terjadi.

"Saya sangat mengapresiasi fakta bahwa ia datang langsung kepada saya. Saya katakan kepadanya, itulah cara mengatasinya, bertatap muka dan tidak melalui media atau membesar-besarkan sesuatu."

Vettel yang sempat memimpin awal balapan sebelum dilewati oleh Valtteri Bottas di pitstops awal, menegaskan bahwa dia sebenarnya akan membiarkan Verstappen melewatinya karena ia sadar Verstappen memiliki ban baru dan akan melaju lebih kencang.

Rekan setim Verstappen, Daniel Ricciardo juga menggunakan strategi yang sama untuk merangsek dari posisi keenam hingga meraih kemenangan di akhir balapan.

"Sudah jelas bahwa Red Bull lebih cepat," kata Vettel.

"Melihat cara Daniel merangsek dari belakang, tidak ada gunanya terlalu melawan dan itu sama dengan Max.

"Saya pikir ia mendapat exit yang buruk sebelum jalur lurus yang panjang. Jika tidak demikian, saya sudah siap membiarkannya lewat. Ia tidak [cukup dekat] di sana, jadi Anda bertahan di depan.

"Saya memberikannya sedikit ruang untuk berjaga-jaga seandainya ia sedikit mengunci roda dan kemudian jelas ia mengalami roda terkunci yang parah... Itulah saat kami bertabrakan."

Meski Vettel mampu melanjutkan balapan, namun akibat kerusakan yang ia alami pebalap Ferrari itu posisi terus turun hingga finis di posisi kedelapan. Sementara Verstappen mendapat penalti 10 detik, dan harus turun dari posisi keempat menjadi kelima.

Artikel Tag: gp tiongkok, f1 2018, sirkuit shanghai, sebastian vettel, max verstappen, red bull, ferrari

340