Bukan Bali United, Ini Wakil Indonesia di Liga Champions Asia

Penulis:
Selasa , 18:30 WIB
Bukan Bali United, Ini Wakil Indonesia di Liga Champions Asia

Thoriqh Alkatiri jadi wasit Indonesia yang memimpin pertandingan LCA/foto PSSI

Berita Liga Champions Asia: Meski secara tim Indonesia tidak memiliki wakil di Liga Champions Asia, setelah Bali United dipastikan gagal di babak play-off, Indonesia patut berbangga karena salah seorang wasit asal Indonesia, Thoriqh Alkatiri dipastikan ikut memimpin pertandingan pada kompetisi kasta tertinggi sepak bola Asia tersebut.

Thoriq yang saat ini berusia 29 tahun sebelumnya juga pernah menjadi wasit di gelaran Piala AFF U-19 dan U-18. Selain itu ia, pernah menjadi wasit termuda di kompetisi teratas Liga Indonesia. "Alhamdulillah saya mendapatkan kepercayaan untuk bertugas di Liga Champions Asia. Ini jelas menjadi kebanggaan saya dan menunjukkan bahwa wasit Indonesia juga mempunyai kualitas," kata Thoriq seperti dilansir situs resmi PSSI.

Untuk menjadi wasit yang cakap, perlu proses dan dituntut keberanian serta ketepatan dalam mengambil keputusan. Seorang wasit juga harus tegas dan tetap teguh dalam pendirian meski kadang ada pihak yang mengintervensi. Wasit juga haru selalu terus belajar dan update tentang peraturan pertandingan terbaru.

Thoriq sudah menekuni profesi wasit sejak usia 18 tahun. Dalam perjalanan kariernya dia pernah meraih penghargaan wasit  terbaik di ajang Indonesia Super League (ISL) 2014.

"Semoga ini menjadi motivasi bagi saya dan rekan wasit lainnya. Saya juga berharap agar ke depan semakin banyak wasit Indonesia yang mendapatkan lisensi FIFA. Peran PSSI saat ini semakin baik demi terciptanya wasit yang berkualitas. Apalagi PSSI juga telah mendatangkan Toshiyuki Nagi mantan wasit Piala Dunia sebagai Direktur Teknik Wasit, tentu ini hal yang bagus buat kami para wasit," kata Thoriq.

Masuknya Thoriq dalam jajaran AFC Elite Referee dan dipercaya bertugas pada laga Liga Champions Asia juga merupakan kebanggaan bagi dunia perwasitan di Tanah Air. Bukan hal yang mudah bagi wasit yang sudah memiliki lisensi FIFA sekalipun untuk bisa masuk dalam jajaran elite wasit AFC. Di Indonesia selain Thoriq, terdapat 5 wasit lainnya yang juga sudah mengantongi lisensi FIFA.

Artikel Tag: liga champions asia, thoriqh alkatiri, bali united,

488