MotoGP Musim 2018, Baju Balap Wajib Gunakan Kantung Udara

Penulis:
Jum'at , 22:30 WIB
MotoGP Musim 2018, Baju Balap Wajib Gunakan Kantung Udara

MotoGP 2018

Berita MotoGP: Pada musim balapan Grand Prix MotoGP 2018, terdapat peraturan baru yang telah ditetapkan oleh pihak penyelenggara dan regulator MotoGP mengenai keselamatan para pebalap saat sedang mengaspal di lintasan balap agar lebih aman dari risiko kecelakaan.

Dalam sebuah pertemuan yang diadakan oleh pihak penyelenggara MotoGP pada (15/10) 2017, Komisi Keselamatan MotoGP menelurkan gagasan baru seputar keamanan para pebalap saat balapan. Gagasan baru tersebut adalah setiap pebalap kelas MotoGP termasuk Moto2 dan Moto3 wajib melengkapi baju balapnya dengan sistem 'airbag'.

Baju balap yang dilengkapi dengan airbag wajib digunakan oleh para pebalap saat melakukan uji coba maupun balapan di sirkuit.

Namun peraturan ini memberikan pengecualian bagi para pebalap Wild Card dan pebalap pengganti. Pebalap Wild Card dan pebalap pengganti hanya diperbolehkan tidak memakai airbag di baju balapnya pada dua balapan pertama saja, selebihnya mereka juga diwajibkan menggunakan airbag seperti pebalap lainnya.

Perlindungan airbag harus bisa melindungi bagian bahu, tulang selangka, punggung dan lengan para pebalap itu sendiri. Naum jika ada yang lebih memilih hanya melindungi bagian punggung saja, maka airbag juga harus menutupi seluruh tulang belakang pebalap tersebut.

Para tim diperbolehkan untuk melakukan sedikit perubahan dan modifikasi pada baju balap yang mereka miliki, namun pada umumnya harus tetap mengikuti dan patuh terhadap peraturan dasar yang telah ditetapkan oleh MotoGP.

Peraturan baru mengenai airbag yang digagas oleh FIM, IRTA dan Dorna Sports pada baju balap ini juga mencerminkan perubahan ke arah yang lebih baik dari segi keselamatan para pebalap khususnya.

Artikel Tag: airbag, motogp 2018

2718