Kesombongan Jadi Penyebab Vinales Gagal Juara MotoGP 2017

Penulis:
Kamis , 17:15 WIB
Kesombongan Jadi Penyebab Vinales Gagal Juara MotoGP 2017

Maverick Vinales mengira bakal juara dengan mudah (images: dok. Autosport)

Berita MotoGP: Performa gemilang Maverick Vinales di awal musim membuatnya jemawa dan merasa akan dengan mudah mengalahkan pebalap lain. Ia merasa dia lah pebalap terkuat di MotoGP 2017. Namun yang terjadi di klasemen akhir justru sebaliknya.

Pebalap asal Spanyol, Maverick Vinales, mengakui bahwa ia sempat merasa sombong dan terlalu percaya diri akan dengan mudah menjuarai MotoGP 2017. Sebelum musim balap dimulai, Vinales memang telah memasang target untuk menjadi juara. Terlebih ia dibekali motor dan tim yang mumpuni.

Pebalap Movistar Yamaha tersebut memang tampil apik di awal musim, dia berhasil mengemas tiga kemenangan dari lima seri awal. Hasil itu seolah membuktikan bahwa Vinales tidak akan terhentikan pada MotoGP 2017. Namun apa daya, motor Yamaha M1 yang dikendarainya mulai mengalami masalah pada pertengahan musim yang membuatnya kesulitan bersaing untuk finis di posisi depan.

"Tahun ini adalah tahun di mana saya benar-benar kesulitan. Saya memulai musim dengan suatu target, ditambah dengan persiapan fisik dan mental yang baik. Saya pikir pebalap lain akan kesulitan mengalahkan saya. Saya mendominasi di awal musim. Di Austin, saya satu-satunya yang mampu melawan Marc Marquez meski ban depan bermasalah," ucap Vinales seperti dilansir dari Marca.

Usai kesulitan bersaing untuk memperebutkan podium sejak pertengahan musim, praktis posisi Vinales di klasemen pun mulai dilewati pebalap lain seperti Marquez dan Andrea Dovizioso. Pada akhirnya Vinales harus puas menempati peringkat ketiga klasemen akhir di bawah Marquez yang keluar sebagai juara, serta Dovizioso di posisi runner-up. Musim yang tidak stabil ini membuat vinales benar-benar merasa kelelahan dan mentalnya menurun.

"Saya merasa kuat, saya yakin sayalah the man to beat. Tapi setelahnya, kami justru mengalami jatuh bangun dengan masalah motor dan ban. Selama karir saya, inilah musim yang paling berat bagi mental saya, dan pada akhir musim, saya merasa lebih lelah dibanding sebelum-sebelumnya," tambah pebalap asal Spanyol tersebut.

Artikel Tag: maverick vinales, yamaha, motogp 2017

2053