Pasangan Goh V Shem/Tan We Kiong Akan Kembali Bersatu Musim Depan

Penulis:
Kamis , 15:00 WIB
Pasangan Goh V Shem/Tan We Kiong Akan Kembali Bersatu Musim Depan

Goh V Shem-Tan We Kiong/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Federasi Badminton Malaysia (BAM) telah mengumumkan bahwa pasangan ganda putra terbaik mereka, peraih medali perak Olimpiade Rio 2016, Goh V Shem/Tan We Kion akan kembali bersama sebagai sebuah pasangan mulai musim 2018 mendatang.

Sekretaris BAM Datuk Ng Chin Chai menegaskan bahwa keputusan tersebut dibuat dengan mempertimbangkan peraturan turnamen baru yang dikeluarkan oleh badan pengawas Federasi Bulutangkis Dunia (BWF), yang mulai efektif pada tahun depan.

Dengan kembalinya Goh V Shem dan Tan Wee Kiong, otomatis pasangan Yew Sin dan Ee Yi akan kembali bersama setelah memenangkan medali perak di SEA Games Kuala Lumpur 2017 lalu.

"Goh V Shem/Tan Wee Kiong dan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi akan dipasangkan untuk beberapa turnamen mendatang dalam persiapan untuk menuju Piala Thomas yang akan diadakan tahun depan. Dalam beberapa bulan kedepan, pasangan lama dan baru akan masuk untuk turnamen yang berbeda," tambah Ng Chin Chai.

"BWF telah memutuskan untuk memberlakukan peraturan turnamen baru untuk tahun 2018 dan seterusnya di mana tidak ada babak kualifikasi untuk turnamen Level 2 dan 3, sementara di turnamen Level 4 dan 5, hanya ada 28 tempat di babak utama ditambah delapan wakil dari kualifikasi."

"Oleh karena itu, ada risiko bahwa pasangan baru Wee Kiong/Yew Sin dan juga V Shem/Ee Yi tidak memenuhi syarat untuk berlaga di turnamen Level 2 dan 3 dan beberapa turnamen Level 4. Dengan demikian BAM bersama dengan para pelatih dan pemain bersama membuat keputusan untuk kembali memasangkan Goh V Shem/Tan Wee Kiong dan Yew Sin/Ee Yi untuk beberapa turnamen tahun depan," ungkap Ng.

Update rangking BWF tanggal 30 November 2017 lalu, pasangan Wee Kiong/Yew Sin dan V Shem/Ee Yi masing-masing berada di peringkat 76 dan 92 dunia, sementara Goh V Shem/Tan Wee Kiong dan Yew Si/Ee Yi berada di posisi 18 dan 24 dunia.

Kepala pelatih tim nasional Cheah Soon Kit juga menyambut positif usulan ini.

"Ada tanda-tanda positif karena para pemain memahami rencana yang kami buat untuk tahun depan khususnya menuju Piala Thomas. Mereka bisa menerima keputusan tersebut karena mereka tahu bahwa negara di atas segalanya, dan mereka juga sudah mengetahui keputusan BWF yang baru. Saya berharap mereka bisa meraih hasil terbaik," kata Cheah Soon Kit.

Artikel Tag: goh v shem, tan we kiong, bam

860