Bagi Rafael Nadal, Rumit Untuk Membandingkan Novak Djokovic Dan Roger Federer

Penulis:
Kamis , 06:57 WIB
Bagi Rafael Nadal, Rumit Untuk Membandingkan Novak Djokovic Dan Roger Federer

Novak Djokovic, Rafael Nadal, dan Roger Federer

Berita Tenis: Sebagai anggota dari empat petenis yang telah mendominasi dunia tenis putra dalam satu dekade terakhir, Rafael Nadal percaya bahwa Novak Djokovic dan Roger Federer berhak disebut sebagai salah satu petenis terhebat.

Petenis peringkat 1 dunia, Nadal membicarakan kedua petenis dalam sebuah wawancara dengan radio Spanyol, Cadena Ser baru-baru ini. Sepanjang musim ini, Federer telah menjadi pesaing Nadal. Keduanya telah bertemu empat kali musim ini dan semuanya dimenangkan oleh Federer, membuat Federer memperkecil jarak head to head keduanya dengan 23-15 atas keunggulan Nadal. Sejauh ini, Nadal telah bertemu Federer di sembilan final Grand Slam, dan final Grand Slam terakhir mereka berlangsung di Australian Open musim ini.

Ditanya apakah Federer merupakan petenis terhebat yang pernah dihadapinya, Nadal lalu menyebutkan satu petenis lain yang layak untuk mendapat sebutan seperti itu, yakni Novak Djokovic. Head to head keduanya 26-24 atas keunggulan Djokovic. Di Madrid Open pada Mei lalu, Nadal berhasil mengakhiri tujuh kekalahan beruntunnya dari Djokovic.

Perihal petenis mana yang lebih baik di mata Nadal, ia menyatakan bahwa keduanya memiliki kualitas masing-masing. Federer telah memenangkan 95 gelar, termasuk 19 gelar Grand Slam. Di sisi lain, Nadal percaya bahwa Djokovic bisa tidak terkalahkan jika menyangkut tenis dari sisi teknikal.

“Itu cukup rumit. Dengan gelar dan prestasi yang dicapainya, ia (Federer) adalah salah satu petenis terbaik dalam sejarah tenis. Apakah ia petenis terbaik yang pernah saya hadapi? Mungkin, ya. Saya juga bertanding melawan Djokovic yang  sama hebatnya,” ungkap Nadal kepada radio Cadena Ser.

“Tetapi akan tidak adil mengatakan bahwa Federer bukan petenis terbaik yang pernah saya hadapi karena gelar dan prestasinya telah membuktikannya. Tetapi, melihat level teknikal, ketika Djokovic berada di level tertinggi dari permainannya, saya harus katakan bahwa saya melawan petenis yang hampir tidak terkalahkan,” tambah Nadal.

Djokovic memperlihatkan bakat kelas dunianya pada musim 2015 dengan memenangkan 82 dari 88 pertandingan dan mengklaim 11 gelar. Di musim yang sama, ia juga menjadi petenis pertama dalam sejarah yang memenangkan hadiah uang sebesar 20 juta USD dalam satu musim.

Nadal dan Djokovic akan berpartisipasi di Mubadala World Tennis Championship pada akihr bulan ini, sementara Federer akan bermain di Hopman Cup pada pekan pertama bulan Januari mendatang.

Artikel Tag: tenis, australian open, mubadala world tennis championship, hopman cup, rafael nadal, roger federer, novak djokovic

271