Liberty Media Pertimbangkan Perubahan Layout Sirkuit Agar Balapan Jadi Lebih Seru

Penulis:
Kamis , 11:15 WIB
Liberty Media Pertimbangkan Perubahan Layout Sirkuit Agar Balapan Jadi Lebih Seru

Sergio Perez, Force India & Kimi Raikkonen, Ferrari

Berita Formula 1: Kepala Formula 1 Ross Brawn telah mengungkapkan bahwa Liberty Media kini sedang mendalami apakah diperlukan perubahan pada layout grand prix dalam beberapa tahun ke depan untuk membantu meningkatkan aksi balapan dan aksi salip-menyalip.

Saat ini FIA sedang melakukan penelitian terkait tweak desain untuk membantu mobil melaju lebih cepat dan aman. Selain itu, proyek paralel kini juga mulai dievaluasi untuk mengetahui pengaruh susunan layout sirkuit dengan laju mobil.

Hal ini mereka lakukan usai mendapat banyak kritik usai GP Abu Dhabi yang berjalan cenderung monoton karena minimnya aksi salip-menyalip yang disebabkan desain sirkuit tersebut.

"Program aerodinamis sekarang mulai meningkat, dan pekerjaan pada pengembangan sirkuit sedang terjadi. Tandas Brawn. "Kami sudah terlibat dengan beberapa sirkuit tentang kemungkinan modifikasi untuk memperbaiki balap."

Perubahan pada Sirkuit Albert Park di Melbourne yang dikabarkan akan segera dilakukan. Mereka saat ini mempertimbangkan untuk mengubah sebagian tata letaknya agar menambah spot untuk menyalip. Namun, rencana ini nampaknya tidak dilanjutkan karena mereka tidak yakin perubahan dapat berjalan efektif.

Brawn sangat berhati-hati dalam melakukan perubahan ini. Ia memeriksa sejarah F1 terlebih dahulu agar tidak salah langkah.

"Kami sudah mulai mencari di arsip kami. Kami sedang mencari apakah ada periode balap di mana ada yang lebih banyak menyalip? Apakah ada trek di mana banyak yang menyalip? Jadi kami bisa melakukan analisis statistik,” tuturnya.

Menurut Brawn Hal ini harus dilakukan untuk menjadikan balapan lebih menarik, namun tidak melupakan sejarah yang ada. Sebab, berbagai aspek harus dipertimbangkan sebelum melakukan perubahan.

"Hal yang harus Anda perhatikan dengan baik adalah menyalip bukanlah balapan yang bagus. Anda harus mulai memikirkan balap yang bagus agar dua mobil bisa saling bersaing.”

Artikel Tag: liberty media, f1 2017, f1 2018, gp abu dhabi, fia

434