Tak Punya Klub, Ronaldinho Ingin Jadi Musisi?

Penulis:
Kamis , 08:00 WIB
Tak Punya Klub, Ronaldinho Ingin Jadi Musisi?

Ronaldinho/Zimbio

Berita Liga Dunia: Mantan pemain Barcelona dan Timnas Brasil, Ronaldinho, mengumumkan bahwa dirinya akan pensiun dari sepak bola pada 2018 mendatang setelah dalam dua tahun terakhir tak memiliki klub. Dia mengaku akan menekuni karier sebagai musisi.

Agen Ronaldinho pada awal 2017 lalu menyatakan bahwa pemain yang membawa Brasil menjuarai Piala Dunia 2002 ini siap bergabung dengan klub baru setelah hengkang dari Fluminense yang hanya diperkuatnya tiga pekan pada September 2015.

Sejak itu, mantan pemain Paris Saint Germain dan AC Milan tersebut hanya turun dalam pertandingan-pertandingan ekshibisi di seluruh penjuru dunia. Ronaldinho, yang juga duta Barcelona, menegaskan dirinya akan meninggalkan status sebagai pemain profesional tahun depan agar bisa fokus mewujudkan ketertarikannya ke bidang lain di luar olahraga.

“Ada perubahan. Saya pikir saya akan mengucapkan selamat tinggal kepada sepakbola secara resmi tahun depan,” kata Ronaldinho dalam konferensi pers, Selasa (5/12).

“Saya mungkin akan melakukan pertandingan perpisahan dengan klub yang pernah saya perkuat. Ini sesuatu yang harus kami pikirkan suatu saat dala waktu dekat,” ungkapnya.

“Saat saya pensiun dari sepakbola nanti saya akan fokus mengerjakan proyek musik dan sekolah sepakbola. Ini hal yang baru bagi saya. Saya harus beradaptasi,” kata pemin berusia 37 tahun ini.

Pria yang lahir di Porto Allegre ini telah memperkuat delapan klub sepanjang kariernya.

Dia memulai kariernya bersama Gremio lalu mengawali kiprahnya di Eropa dengan memperkuat Paris Saint Germain (PSG). Kariernya mencapai puncak saat memperkuat Barcelona antara 2003-2008.

Bersama kub raksasa Spanyol itu dia menyabet gelar sebagai Pemain Terbaik FIFA tahun 2004 dan 2005. Bersama Blaugrana dia juga sukses menyabet dua gelar La Liga, satu Liga Champions, dan dua Piala Super Spanyol.

Ketika memperkuat Milan antara 2008-2011, Ronaldinho juga sukses membawa klubnya meraih gelar juara Serie A musim 2010/11. Trofi terakhir yang disabutnya adalah saat berhasil membawa Atletico Mineiro menjuara Piala Libertadores.

Sementara prestasi terbaiknya bersama Timnas Brasil adalah saat menjuara Piala Dunia 2002. Saat itu merekamenaklukkan Jerman di final.

Artikel Tag: ronaldinho, milan, psg, barcelona, berita liga dunia,

96