Meski Sudah Pensiun, Contador Tergoda Membalap Lagi

Penulis:
Selasa , 09:00 WIB
Meski Sudah Pensiun, Contador Tergoda Membalap Lagi

Alberto Contador/Velonews

Berita Balap Sepeda: Meski baru saja mengumumkan pengunduran dirinya dari balap sepeda profesional bulan lalu, Alberto Contador tergoda untuk ikut lomba sekali lagi. Namun dia cuma akan ikut dalam sekali balapan di nomor kriterium.

Contador memastikan dirinya akan mengikuti edisi pertama Le Tour de France Škoda China Critérium pada 29 Oktober mendatang. Pebalap Spanyol ini akan bersaing dengan juara Tour de France 2017 Chris Froome (Team Sky), Warren Barguil (Team Sunweb), Greg Van Avermaet (BMC Racing), dan Marcel Kittel (Quick-Step Floors).

Balapan ini digelar dalam format kriterium standar, digelar di sirkuit sepanjang tiga kilometer di Shanghai, Cina. Para pebalap diharuskan mengelilingi trek dalam 20 putaran sehingga fans bisa menyaksikan dari dekat para bintang balap sepeda berulang kali.

Memang tak akan ada tanjakan yang bisa membuat Contador atau Froome mengandalkan keunggulan mereka untuk memenangkan balapan ini. Namun ada kesempatan bagi mereka untuk saling menghalangi lawan dan terlibat dalam adu sprint menjelang garis akhir.

Event ini digelar oleh penyelenggara Tour de France, ASO, bekerja sama dengan panitia lokal.

Contador menutup kariernya di Grand Tour dengan mengikuti Vuelta a Espana 2017 membela tim Trek-Segafredo. Dia mencetak kemenangan mengesankan ketika menjuarai babak akhir mountain stage yang finis di Alto de l’Angliru.

Pebalap berusia 34 tahun itu mengakhiri kariernya dengan menjuarai dua Tour de France tahun 2007 dan 2009, dua kali juara Giro d’Italia tahun 2008 dan 2015, serta tiga kali Vuelta a Espana tahun 2008, 2012, dan 2014.

Contador mengawali karienya sebagai pebalap sepeda profesional pada 2004 dengan memperkuat tim ONCE/Liberty Seguros.

Artikel Tag: alberto contador, tour de france, balap sepeda, berita balap sepeda, trek-segafredo

165