McLaren Resmi Tinggalkan Honda, Beralih ke Renault

Penulis:
Rabu , 23:15 WIB
McLaren Resmi Tinggalkan Honda, Beralih ke Renault

McLaren MCL32

Berita F1: Tim McLaren telah mencapai kesepakatan dengan Honda untuk mengakhiri kerja sama mereka di akhir musim 2017 ini. Rencananya, McLaren akan beralih menggunakan mesin Renault pada balap Formula 1 musim 2018 mendatang.

Honda kembali ke F1 bersama McLaren sejak kembali ke grid pada tahun 2015, dengan kurangnya performa dan masalah keandalan mesin yang terus-menerus terjadi. Hal ini membuat kemitraan yang telah berhasil mereka jalin akhirnya kandas.

Padahal, kemitraan McLaren-Honda dulunya sempat menjadi salah satu yang terkuat dalam sejarah F1 - Ayrton Senna dan Alain Prost berbagi 15 kemenangan dari 16 balapan pada 1988.

Hubungan ini menjadi sangat rapuh selama 2017 sehingga perpecahan semakin besar kemungkinannya terjadi, sementara itu Renault muncul sebagai satu-satunya alternatif McLaren yang realistis.

Seperti yang dilansir dari Motorsport.com bahwa McLaren telah menyetujui kesepakatan tiga tahun dengan Renault, yang akan membuatnya bermitra hingga tahun 2020.

McLaren akan mendapatkan spesifikasi power unit yang sama dengan tim pabrikan Renault dan pelanggan mereka, Red Bull. Sementara kontrak mesin Toro Rosso yang berpindah dari Renault ke Honda juga telah ditandatangani

Kesepakatan McLaren-Renault telah membantu menggerakkan Fernando Alonso lebih dekat untuk menandatangani perpanjangan kontraknya dengan McLaren akan bertahan lebih lama.

Akhir pekan lalu, Renault telah setuju untuk membawa Carlos Sainz dari Toro Rosso sebagai bagian dari kesepakatan untuk tim sekunder Red Bull untuk mengakhiri kontrak Renault awal, meski belum jelas kapan pembalap Spanyol itu akan beralih.

Sainz telah dikabarkan untuk melakukan perpindahan sebelum akhir musim ini, namun dapat dipahami bahwa Toro Rosso ingin terus bertahan dengannya selama sisa seri F1 musim ini untuk meningkatkan harapannya dalam perebutan kejuaraan di klasemen konstruktor.

Artikel Tag: mclaren honda, mclaren, honda, renault, gp 2018

417