Data dan Fakta Jelang Pertandingan Real Madrid vs Apoel Nicosia (14 Sep 2017)

Penulis:
Rabu , 20:45 WIB
Data dan Fakta Jelang Pertandingan Real Madrid vs Apoel Nicosia (14 Sep 2017)

Real Madrid vs Apoel Nicosia (Sumber foto: Leaguelane)

Berita Liga Champions: Real Madrid akan mengawali langkah pertama mereka untuk mempertahankan status sebagai juara bertahan di ajang Liga Champions pada musim ini dengan menjamu tim asal Siprus, Apoel Nicosia, Kamis (14/09) dini hari WIB. Tim asuhan Zinedine Zidane itu juga membidik gelar ketiga mereka secara berturut-turut sekaligus gelar ke-13 secara keseluruhan pada musim ini.

• Pertemuan Real Madrid dan Apoel Nicosia sebelumnya terjadi di babak perempat final Liga Champions musim 2011/12. Ketika itu Madrid memenangkan agregat 8-2 (3-0 di Siprus dan 5-2 di Spanyol).

• Musim lalu, Real Madrid menjadi tim pertama setelah AC Milan yang berhasil merebut gelar Liga Champions dua kali berturut-turut. Rossoneri sukses melakukannya pada tahun 1989 dan 1990.

• Real Madrid telah memenangkan gelar Liga Champions dalam 12 kesempatan, termasuk tiga dari empat musim terakhir, lebih banyak dari tim lain dalam sejarah. Bahkan, mereka telah memenangkan enam laga final terakhir mereka dalam kompetisi tersebut.

• Musim lalu, Real Madrid menjadi tim pertama sejak Inter Milan pada 2010 lalu yang berhasil meraih juara Liga Champions setelah finis di urutan kedua di dalam fase grup mereka.

• Real Madrid telah bermain di Liga Champions untuk musim ke-21 secara berturut-turut, yang terpanjang dalam sejarah di kompetisi tersebut. Mereka juga selalu berhasil lolos dari fase grup.

• Real Madrid selalu mencapai babak semifinal di tujuh kampanye Liga Champions terakhir mereka, juga menjadi catatan rekor dalam sejarah kompetisi itu.

• Real Madrid tidak terkalahkan dalam 27 pertandingan terakhir di fase grup Liga Champions mereka (Menang 20 kali, Seri 7 kali), kekalahan terakhir mereka terjadi pada Oktober 2012 lalu saat melawan Borussia Dortmund. Di kandang sendiri, Real telah memenangi 20 dari 22 laga di fase grup terakhir mereka (Seri 2 kali), terakhir mengalami kekalahan hampir delapan tahun lalu saat melawan AC Milan pada Oktober 2009 (kalah 2-3).

• Real Madrid telah gagal mencetak gol hanya sekali dalam 50 pertandingan terakhir di fase grup Liga Champions mereka (saat melawa PSG dengan skor 0-0 pada Oktober 2015).

• Apoel Nicosia telah berhasil membuat penampilan keempat mereka di Liga Champions, dan yang pertama sejak musim 2014/15. Sejauh ini Apoel menjadi satu-satunya tim Siprus yang paling banyak terlibat di Liga Champions selain Anorthosis Famagusta yang pernah masuk di musim 2008/09.

• Apoel telah berhasil maju ke babak sistem gugur di Liga Champions hanya satu kali dalam tiga penampilan mereka sebelumnya. Mereka tersingkir oleh Real Madrid di babak perempatfinal musim 2011/12.

• Apoel telah mengalami kekalahan sebanyak sembilan kali dari 11 pertandingan terakhir mereka di Liga Champions (sisanya satu kali menang dan satu kali seri). Mereka juga gagal mencetak gol dalam sembilan dari 12 pertandingan terakhir mereka, di mana mereka juga tak bisa mencetak gol di empat pertandingan terakhir mereka.

• Tidak ada tim dari Siprus yang pernah berhasil memenangkan pertandingan tandang mereka di Liga Champions (seri 6 kali dan kalah 8 kali).

• Apoel berhasil mengalahkan Dudelange, Viitorul Constanta dan Slavia Prague untuk mencapai babak penyisihan grup Liga Champions di musim ini.

• Cristiano Ronaldo adalah pencetak gol terbanyak dalam sejarah Liga Champions (105 gol dalam 140 pertandingan). Bersama Real Madrid, ia telah mencetak 90 gol dalam 88 laga.

• Meski baru menjalani 20 pertandingan di Liga Champions, Zinedine Zidane sudah memenangi gelar dua kali (tahun 2016 dan 2017). Tidak ada manajer yang pernah memenangkan gelar Liga Champions dalam tiga musim berturut-turut.

Artikel Tag: real madrid, apoel nicosia, liga champions

162 
Berita Terkait
load more article