Analisa: Marcus Rashford, Si Spesialisasi Gol Debut

Penulis:
Rabu , 19:45 WIB
Analisa: Marcus Rashford, Si Spesialisasi Gol Debut

Marcus Rashford/foto skysports

Analisa: Spesialis gol debut, itulah mungkin kata yang tepat disematkan kepada penyerang muda Manchester United, Marcus Rashford. Golnya ke gawang Basel pada pertandingan babak penyisihan grup A Liga Champions, Rabu (13/9) dini hari WIB merupakan gol perdanya di kompetisi kasta tertinggi Benua Biru pada penampilan perdananya.

Mencetak gol di laga debut bukanlah hal baru bagi Rashford, dalam dua tahun terakhir, penyerang Timnas Inggris tersebut selalu berhasil mencetak gol di laga debutnya, baik ketika bersama klub ataupun bersama Timnas Inggris.

Tercatat dari 7 pertandingan debutnya bersama klub ataupun Timnas Inggris, Rashford hanya gagal mencetak gol pada laga debutnya di Piala FA. Sedangkan di Liga Champions, Europa League, Liga Inggris, League Cup, Timnas Senior Inggris dan Timnas Inggris U-21 ia selalu sukses mencatatkan namanya di papan skor pada pertandingan debutnya.

Berikut gol-gol Rashford yang sukses ia ciptakan di laga debutnya:

1. Liga Europa v Midtjylland - 25 Februari 2015

Krisis penyerang yang dialami United pada waktu itu 'memaksa' Louis van Gaal menaikkan Rashford dari tim muda United ke tim senior.

Sebagai pemain yang benar-benar asing, Rashford tampil sebagai pembeda bagi United. Dua golnya ke gawang Midtjylland membantu the Red Devils meraih kemenangan meyakinkan 5-1. Hasil tersebut mengantarkan United ke babak 16 besar dengan keunggulan agregat 6-3.

2. Liga Inggris v Arsenal - 28 Februari 2016

Selang tiga hari usai debut gemilangnya bersama United, Rashford kembali dipercaya mengisi lini depan United kala menghadapi Arsenal di Liga Inggris.

Banyak yang meremehkannya kala itu. Tapi, lagi-lagi ia membuktikan kalau dirinya adalah penyelamat United, dua golnya ke gawang the Gunners memastikan kemenangan 3-2 tim asuhan Louis van Gaal atas Arsenal.

3. Timnas Senior Inggris v Australia - 27 Mei 2016

Penampilan gemilangnya bersama United membawa Rashford ke timnas Inggris dan tidak butuh waktu lama baginya untuk membuktikan diri kalau pilihan Roy Hodgson memanggilnya tidak salah.

Dia bahkan hanya butuh waktu tiga menit di atas lapangan untuk mencetak gol pertamanya bersama timnas Senior. Gol tersebut tidak hanya membantu Inggris menang dengan skor 2-1 tapi sekaligus mengantarkan masuk skuat Inggris untuk Euro 2016. Dia juga tercatat sebagai pemain termuda Inggris yang sukses mencetak gol di laga debutnya.

4. Timnas Inggris U-21 v Norwegia U-21 - 6 September 2016

Usai penampilan gemilangnya bersama United dan timnas Senior Inggris, Rashford sedikit mengalami penurunan performa yang membuatnya harus turun kelas ke timnas Inggris U-21.

Meski secara kelas turun. Namun, Rashford tak berhenti menunjukkan ketajamannya di laga debut. Kali ini bersama timnas Inggris U-21 ia sukses mencatatkan hattrick ke gawang Norwegia untuk memastikan kemenangan 6-1 di kualifikasi Piala Eropa U-21.

5. EFL Cup vs Northampton 12 September 2017

Di pertandingan cup perdananya bersama United, Rashford masuk sebagai pemain pengganti untuk mencatatkan namanya di papan skor setelah 16 menit berada di lapangan.

6. Liga Champions v Basel - 12 September 2017

Rashford dimasukkan Jose Mourinho sebagai pemain pengganti pada menit 77. Dan tujuh menit kemudian, pemuda 19 tahun itu sukses mencatatkan namanya sebagai pencetak gol di kompetisi paling elite Benua Biru tersebut. Golnya juga memastikan kemenangan 3-0 United di pertandingan perdana Liga Champions musim ini.

Artikel Tag: liga inggris, manchester united, marcus rashford, liga champions

178