Berita SEA Games 2017: Menpora Geram Bendera Indonesia Terbalik di Buku Panduan SEA Games 2017

Penulis:
Minggu , 09:30 WIB
Berita SEA Games 2017: Menpora Geram Bendera Indonesia Terbalik di Buku Panduan SEA Games 2017

Bendera Indonesia Yang Terbalik di Buku Panduan SEA Games 2017/[Foto:Kemenpora]

LigaOlahraga - Berita SEA Games 2017 : Panitia kejuaraan SEA Games 2017 Kuala Lumpur Malaysia membuat blunder yang sangat fatal setelah di dalam buku panduan tercetak bendera Negara Indonesia dalam posisi terbalik yakni putih dan merah.

Hal itu terjadi saat buku panduan dibagikan kepada para tamu undangan yang hadir dalam pembukaan SEA Games 2017 di Kuala Lumpur Malaysia, di mana Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi juga hadir dalam acara tersebut.

Menpora Imam Nahrawi mengaku geram dengan kesalahan fatal ini dalam akun twitter pribadinya sesaat setelah acara pembukaan selesai.

"Ya artinya sungguh sangat teledor kita sangat kecewa, kecewa sekali. Padahal ini acara yang sangat meriah. Dan kita merindukan kebersamaan yang luar biasa di antara sahabat se-ASEAN," Imam berujar seusai acara pembukaan seperti dilansir Detik (19/8).

"Tapi hal ini yang kemudian menciderai kita sebagai bangsa yang besar. Karenanya tentu tak ada pilihan kecuali kami tunggu permintaan maaf resmi dari pemerintah Malaysia."

"Tidak boleh dibiarkan terulang lagi. Apalagi ini acara yang sangat terbuka, ditonton oleh jutaan mata. Tentu kami menyesalkan peristiwa ini," dia menambahkan.

Kesalahan tentang salah cetak bendera negara Indonesia sungguh sangat disayangkan mengingat proses pengeditan pastilah melewati jalan yang sangat panjang.

Dan uniknya kesalahan tersebut hanya terjadi pada bendera Negara Indonesia dan tidak terjadi kepada 10 negara lain sesama negara Asia Tenggara yang justru memiliki model dan warna yang cukup rumit dengan lebih dari tiga warna, berbeda dengan Indonesia yang cukup simpel hanya warna merah dan putih.

"Sudah tentu saya menyampaikan penyesalan yang mendalam atas kesalahan fatal tersebut. Itu menunjukkan keteledoran dan ketidaktelitian. Meski persahabatan adalah warisan terbesar dalam olahraga, namun kesalahan dalam menampilkan atau menyajikan identitas negara lain, tetap tidak bisa dibenarkan. Walaupun ini terjadi di dunia olahraga, jangan sampai ada hal yang mengganggu hubungan antarnegara karena hal-hal seperti ini," ujar Ketua Umum KOI, Erick Thohir.

Artikel Tag: imam nahrawi, koi, sea games 2017

2919