Berita F1: Direktur FIA Berkunjung, Argentina Siap Gelar F1

Penulis:
Rabu , 23:59 WIB
Berita F1: Direktur FIA Berkunjung, Argentina Siap Gelar F1

Sirkuit Buenos Aries dari ketinggian / driftingalive.com

LigaOlahraga - Berita F1: Argentina membuka peluang untuk menjadi tuan rumah salah satu sesi balapan F1 di tahun-tahun mendatang setelah hasil inspeksi mendadak dari bos F1, Charlie Whiting menunjukkan hasil yang sangat positif dan direktur FIA ini sangat gembira dengan apa yang dilihatnya di sirkuit Buenos Aires.

Direktur FIA yang menangani balapan Formula 1, Charlie Whiting telah resmitelah menyelesaikan kunjungan informal ke sirkuit Buenos Aires, Argentina. Kunjungan ini dilakukannya sengaja untuk mengevaluasi keadaan dan beragam fasilitas yang ada di sirkuit tersebut.

Whiting memilih berjalan kaki di sirkuit negeri Maradona ini dan sepanjang jalan diyakini ia telah gembira dengan standar trek yang ada. Sirkuit ini memang bukan sirkuit baru, bahkan tempat ini telah menyelenggarakan 20 seri grand prix antara tahun 1953 hingga 1998 silam.

Sang bos F1 juga secara terbuka menjelaskan kepada pengelola sirkuit mnegenai bagian-bagian mana dari sirkuit yang memerlukan perbaikan dan juga mana yang harus mendapatkan peningkatan agar sesuai dengan standar (FIA Grade 1) yang memang dibutuhkan untuk menjadi tuan rumah sebuah balapan F1.

Bersama Whiting, bergabung pula beberapa orang dari pemerintahan kota Buenos Aires dan juga perwakilan dari Automovil Club Argentino dan juga Asosiasi Pembalap Argentina.

Sebelum kunjungan mendadak ini, memang beredar kabar jika Argentina sangat tertarik untuk kembali menggelar F1 dan mantan bos F1 sebelumnya, Bernie Ecclestone juga telah mengisyaratkan pada tahun 2015 bahwa ini adalah sebuah hal yang sangat mungkin.

Kepala bagian komersial F1, Sean Bratches mengatakan kepada Liberty Media bahwa kemungkinan untuk menggelar balapan lebih dari 21 seri akan sangat dimungkinkan di tahun 2019 ini. Dari pernyataan inilah akhirnya muncul ketertarikan dari beberapa negara untuk kembali ikut serta dan mengajukan diri menjadi tuan rumah untuk salah satu balapan jet darat ini.

Beredar kabar jika Portugal dan Turki telah berusaha keras untuk membawa F1 kembali ke negara mereka. Selain itu juga ada pembicaraan tentang kemungkinan mengadakan dua balapan di dua sirkuit yang berbeda di Amerika Serikat.

Seandainya Argentina memang kembali di masa yang akan datang, maka ini akan menjadi balapan ketiga di negara-negara Amerika Latin. Mereka akan mengikuti langkah Brasil dan Meksiko yang hingga saat ini setia menjadi salah satu tuan rumah ajang balapan jet darat ini.

Sirkuit yang saat ini bernama Autodromo Juan y Oscar Galvez sejauh ini hanya menjadi tuan rumah balapan Super TC2000. Ini adalah balapan mobil touring lokal dan juga sebagai tuan rumah balapan kategori GT dan Formula Renault 2.0 saja.

Artikel Tag: f1, argentina

1332