Berita F1: Honda Tidak Yakin Bagian Mana Yang Harus Mereka Kembangkan

Penulis:
Sabtu , 20:00 WIB
Berita F1: Honda Tidak Yakin Bagian Mana Yang Harus Mereka Kembangkan

Mesin Honda untuk F1 / circlesix.co

LigaOlahraga - Berita F1: Masa Jeda F1 memang saat yang tepat bagi tim pabrikan untuk memperbaiki performa mesin mereka dan berupaya agar tampil maksimal di seri berikutnya. Masalah yang muncul bagi Honda adalah mereka sendiri tidak yakin bagian mana yang harus mereka kembangkan dengan lebih baik lagi.

Honda memang mengakui telah menemukan beragam cara meningkatkan performa kerja mesim mereka di mobil Formula 1. Namun dibalik itu, ternyata mereka justru belum bisa menentukan elemen mana yang dirasa memang harus segera diperkenalkan ke publik sebagai senjata baru Honda. Ini bahkan disampaikan langsung oleh pemimpin proyek pengembangan Honda, Yusuke Hasegawa.

Pabrikan asal Jepang ini telah berjuang keras untuk menambah kekurangan tenaga yang ada pada mesinnya dan sejauh ini sering dikatakan jika mesinnya tidak dapat diandalkan. Padahal konsep baru itu baru dikenalkan pada musim dingin lalu.

Honda memang tetap percaya akan konsep tersebut dan dikabarkan telah membuat kemajuan dengan performa dan kehandalan mesinnya. Terutama setelah mereka memperkenalkan akan ada update dari 'spec 3' setelah ujicoba selama akhir pekan di GP Azerbaijan.

Sejauh ini harapan besar selalu muncul agar Honda segera memperkenalkan 'spec 4' di salah satu balapan awal setelah liburan musim panas ini, namun justru inilah sumber keraguan tersebut. Mereka tidak yakin dengan update yang telah mereka lakukan sejauh ini. Hasegawa sendiri kepada AutoSport mengatakan: "Kami tahu target yang telah dicapai tim lain.

"Kami tahu sebagian besar tim menggunakan konsep mesin kami yang memang sama tapi sejujurnya kami tidak tahu bagian mana yang jadi solusi yang tepat, desain yang tepat, atau level performa yang bisa kami capai.

"Kami tahu tujuannya dan kita tahu beberapa elemen yang penting mencapai performa yang kita inginkan itu, namun kita masih belum menyimpulkan, elemen apa yang memang harus kita perkenalkan secara khusus.

"Kami fokus untuk bagian pembakaran tapi tidak itu saja, kita juga kembangkan setiap area, seperti konsumsi bahan bakar, komponen tambahan dan manapun. Kami mencoba menemukan lebih banyak tenaga kuda untuk mesin ini."

Honda memang berencana untuk melanjutkan konsep yang sama di tahun depan dan memiliki beberapa program penelitian yang berfokus pada musim 2018 dan sejauh ini berjalan beriringan dengan perkembangan tahun ini. Hasegawa mengakui Honda telah meremehkan tantangan mengubah konsep namun ia sendiri merasa sudah membuat kemajuan musim ini.

"Dari sudut pandang konsep, ya, kami sempat meremehkannya," katanya.

"Meski butuh sedikit waktu untuk menstabilkan, kami mengerti bahwa ini adalah tahap yang harus kami atasi dan ini sangat sulit.

"Kami pikir kami memiliki cukup waktu persiapan, itulah sebabnya kami memulai pengembangan mesin tahun ini di bulan Mei, tapi satu tahun tidak cukup.

"Secara teoritis, kita telah mencapai beberapa langkah bagus.

"Kami berada di tengah target kami tapi kami butuh lebih banyak langkah untuk mengejar tim-tim papan atas."

Artikel Tag: f1, honda

1917