Berita MotoGP: MotoGP 2017 Baru Bisa Diprediksi Setelah Seri Keenam

Penulis:
Jum'at , 18:30 WIB
Berita MotoGP: MotoGP 2017 Baru Bisa Diprediksi Setelah Seri Keenam

Sam Lowes/Motorsport.com

Ligaolahraga - Berita MotoGP: Pembalap Aprilia, Sam Lowes, meyakini pola sebenarnya dari Kejuaraan MotoGP 2017 belum akan jelas sampai menyelesaikan enam seri atau setelah Grand Prix Barcelona. Alasannya karena para pembalap tim satelit dan rider debutan ternyata tampil mengejutkan.

“Saya tahu beberapa balapan seri awal akan sulit,” ungkap pembalap asal Inggris ini. “Saya tahu posisi yang saya tempati sekarang tak akan sama dengan pada akhir musim nanti,”dia menambahkan. 

Saya kira ini akan berlaku pada keseluruhan pembalap bukan cuma saya dan Aprilia. Melihat tren dua balapan awal Anda butuh enam balapan untuk mengerti situasinya,” ujar Lowes.

Di GP Argentina hanya ada dua pembalap pabrikan – Maverick Vinales and Valentino Rossi – yang masuk 12 besar. Pembalap top lain Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa, Andrea Dovizioso sering berada di luar 10 besar saat latihan bebas.

Cal Crutchlow yakin hasil yang bervariasi dalam balapan awal ini terjadi karena berbagai faktor seperti kepindahan beberapa pembalap top berganti mesin. Vinales, juara musim lalu, salah satu yang melakukan itu selain beberapa tim satelit.

“Seperti yang selalu katakan, saat awal musim, pembalap kian menyatu dengan motornya pada pertengahan musim dan fase terakhir kejuaraan,” kata pembalap LCR Honda ini, Kamis (20/4).

“Alasan lainnya pembalap yang pindah tim, seperti Jorge (Lorenzo) yang kini bergabung dengan Ducati (dari Yamaha),” paparnya.

“Saya kira tahun ini persaingan bakal ketat lagi dengan Marc, dengan Maverick, dengan Valentino ada di sana, saya di sini. Menurut saya persaingan kini menjadi ketat lagi,” paparnya.

Hasil yang diraih para pembalap yang memakai motor Ducati juga mengejutkan. Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo tidak beruntun di Argentina. Keduanya gagal masuk finis. Padahal di seri pertama Dovi menjadi runner-up.

Sementara Alvaro Baustista masuk finis di urutan keempat dan Karel Abraham sempat start di urutan kedua karena tampil bagus saat kualifikasi.

“Saya pikir Dovi tidak membawa performanya saat pramusim (ke awal musim). Dia meraih hasil hebat di Qatar namun dia memang selalu bagus di Qatar,” kata Crutchlow. “Di Argentina dia tak beruntung dan dia tak mendapat bisa memcu motor sesuai keinginannya. Lorenzo benar-benar tidak cepat. Jadi saya pikir ini seimbang,” katanya.

“Menurut saya para pembalap tim satelit tidaklah lebih kuat dibanding tahun lalu. Saya pikir balapan kini ketat lagi. Anda juga lihat tahun lalu banyak tim satelit masuk podium atau tim satelit menjadi pemenang. Namun nanti akan terlihat balapan akan segera seimbang,” kata pembalap asal Inggris yang kini berada di posisi ketiga klasemen pembalap ini.

Artikel Tag: maverick vinales, yamaha, berita motogp, motogp, valentino rossi, sam lowes, cal crutchlow,

3294