Berita Tinju: Joshua Harus Tanggalkan Gelar IBF Jika Menang Lawan Klitschko

Penulis:
Jum'at , 14:00 WIB
Berita Tinju: Joshua Harus Tanggalkan Gelar IBF Jika Menang Lawan Klitschko

Anthony Joshua dan Eddie Hearn/Sky Sports

Ligaolahraga - Berita Tinju: Petinju kelas berat Inggris Anthony Joshua kemungkinan harus melepas sabuk IBF yang kini disandangnya jika dia menaklukkan Wladimir Klitschko dalam pertarungan, Sabtu, 29 April mendatang, di London.

Pertarungan yang akan digelar di Wembley itu memang juga memperebutkan sabuk divisi lain yakni WBA Super. Masalahnya, kedua badan tinju profesional dunia itu juga menuntut Joshua untuk melakukan pertarungan wajib mempertahankan gelar (mandatory fight) jika dia menang atas Klitschko.

Jika menang, IBF menginginkan Joshua melawan petinju Bulgaria Kubrat Pulev sementara WBA akan memintanya melawan Luis Ortiz dari Kuba. Petinju Inggris lainnya, Tyson Fury, juga harus melepaskan sabuk IBF yang diraihnya setelah mengalahkan Klitschko, November 2015, karena dia tak bisa memenuhi pertarungan wajib untuk mempertahankan gelar.

Promotor Joshua, Eddie Hearn pun khawatir kliennya itu harus melakukan hal serupa. “Jika AJ (panggilan Joshua) menang dia akan mendapat masalah karena banyak pertarungan wajib yang harus dilakukannya,” katanya.

“Jadi setelah laga ini (vs Klitschko), pertarungan wajib yang harus dilakukan AJ adalah lawan Pulev di IBF. Selain itu, ada juga pertarungan wajib melawan Luis Ortiz, meski bukan laga berikutnya tapi tetap harus dilakukan tahun ini,” ujar Hearn.

“Sangat mungkin dia harus melepas sabuknya kecuali kesepakatan bisa dicapai,” papar promotor tinju asal Inggris ini.

“Saya ingin dia menyandang seluruh sabuk namun seperti yang harus dihadapi Fury, itu sepertinya tak mungkin,” kata Hearn.

“Hal yang akan dihadapi AJ terjadi pada Tyson Fury. Dia harus menjalani pertarungan wajib, namun dia tak bisa melakukannya dan dia harus melepas gelarnya,” ujarnya.

“Hal itu juga berlaku untuk Joshua dan tak akan pengecualian. Jika itu yang terjadi maka saya akan harus mengambil keputusan terbaik demi masa depannya,” papar Hearn.

Menurut Hearn, Joshua tak mungkin menghindari pertarungan wajib itu karena laga melawan Klitschko adalah pertandingan penyatuan gelar karena sabuk IBF dam WBA Super yang lowong memang harus diambil.

“AJ harus melawan Pulev dalam laga berikutnya,” kata Hearn. “Laga ini (melawan Klitschko) adalah partai penyatuan gelar karena ada gelar yang tak ada pemiliknya. Ini laga penyatuan gelar untuk menghindari petarungan melawan Pulev saat ini,” kata Hearn.

Artikel Tag: wladimir klitschko, anthony joshua, ibf, berita tinju, tinju kelas berat, stadion wembley, ibf, wba, eddie hearn

916 
Berita Terkait
load more article