Review Liga Europa: Manchester United 2-1 Anderlecht: Sepakan Marcus Rashford Tentukan Satu Tiket United di Semifinal

Penulis:
Jum'at , 10:00 WIB
Review Liga Europa: Manchester United 2-1 Anderlecht: Sepakan Marcus Rashford Tentukan Satu Tiket United di Semifinal

Marcus Rashford Berhasil Pastikan United Tampil di Semifinal Liga Europa (sumber: todayonline.com)

Liga Olahraga - Review Liga Europa: Manchester United tampil melawan Anderlecht dengan modal apik setelah mengandaskan Chelsea di Old Trafford. Namun, perlawanan tangguh anak-anak asuh Rene Weiler tersebut ternyata mampu membuat jalannya laga cukup sulit bagi tuan rumah.

Hasil imbang 1-1 dengan Anderlecht di leg pertama perempat final Liga Europa 2016/2017 membuat United tampil di leg kedua dengan keuntungan berlebih. Selain mendapat dukungan suporter, mereka juga dapat lolos apabila kedua tim bermain imbang tanpa gol.

Menit ke-10, pertandingan seolah akan didominasi dan dimenangkan United dengan cukup mudah setelah Henrikh Mkhitaryan berhasil menunjukkan tajinya di Liga Europa musim ini dengan gol kelima yang ia ciptakan setelah memanfaatkan umpan Marcus Rashford.

Namun, di pertengahan babak kedua lini pertahanan United harus sedikit bekerja ekstra keras. Ditariknya Marcos Rojo akibat cedera yang dialami membuat Anderlecht bisa memanfaatkan celah di lini pertahanan tim tuan rumah.

Hasilnya, pada menit ke-32 Anderlecht berhasil menyamakan kedudukan setelah Sofiane Hanni berhasil memanfaatkan koordinasi yang kurang sempurna di lini pertahanan United. Skor imbang pun berlangsung hingga turun minum.

Pada babak kedua, United yang tak ingin menanggung malu dihadapan pendukungnya sendiri lebih aktif menyerang. Beberapa  peluang emas pun sempat diraih United, namun penampilan gemilang Ruben di bawah mistar gawang Anderlecht berhasil menggagalkan peluang emas tersebut.

Menit ke-69, United nyaris unggul setelah Dennis Appiah membuat blunder yang mampu dimanfaatkan Rashford untuk menggiring bola berhadapan one on one dengan Ruben. Sayang, gocekan bola Rashford terhadap Ruben terlalu melebar sehingga Appiah dapat kembali merebut bola dari Rashford didepan gawang.

Tidak berselang lama, pada menit ke-71, Zlatan Ibrahimovic berhasil memanfaatkan kecerobohan lini belakang tim asuhan Rene Weiler tersebut. Namun, lagi-lagi penampilan gemilang Ruben mampu menggagalkan upaya United menambah gol di babak kedua.

Skor imbang 1-1 pun masih bertahan di 2x45 menit pertandingan sehingga memaksa kedua tim untuk menjalani perpanjangan waktu. United pun memasukkan Anthony Martial untuk menggantikan Zlatan Ibrahimovic yang mengalami cedera tepat di akhir laga.

Belum genap laga berjalan lima menit, United sudah kembali mengancam gawang Anderlecht lewat tendangan salto Paul Pogba. Namun, tendangannya tersebut masih bisa diblok oleh bek Anderlecht asal Senegal, Kara Mbodji.

Tidak ingin terus diserang, Anderlecht sesekali mengancam gawang United lewat Ivan Obradovic dan Youri Tielemans yang tampil spartan dalam laga ini. Sayang, eksekusi yang dilakukan dua pemain ini belum berhasil menambah gol bagi Anderlecht.  Babak pertama perpanjangan waktu pun masih nihil gol.

Akhirnya gol yang ditunggu-tunggu puluhan ribu pasang mata suporter United di Old Trafford tercipta di menit ke-107. Memanfaatkan pantulan bola lewat sundulan Marouane Fellaini, Marcus Rashford berhasil menjebol gawang Ruben lewat sepakan kaki kirinya untuk mengubah kedudukan menjadi 2-1.

Setelah gol tersebut, Anderlecht tidak tinggal diam. Beberapa peluang yang cukup membahayakan berhasil mereka ciptakan. Salah satunya lewat tandukan Frank Acheampong di menit 116, serta sundulan Kara Mbodji pada akhir babak perpanjangan waktu. Namun dua peluang tersebut masih gagal membuat Anderlecht menyamakan skor.

Wasit Alberto Undiano Mallenco pun akhirnya meniup peluit panjang pertandingan yang sekaligus memastikan langkah pasukan Jose Mourinho tersebut ke semifinal setelah meraih kemenangan dengan susah payah melawan salah satu wakil Belgia tersebut.

MANCHESTER UNITED (4-2-3-1): Romero; Valencia, Rojo, Bailly, Shaw; Carrick, Pogba; Rashford, Mkhitaryan, Lingard; Ibrahimovic.

ANDERLECHT (4-3-3): Ruben; Appiah, Mbodji, Spajic, Obradovic; Tielemans, Dendoncker, Hanni; Chipciu, Teodorczyk, Acheampong.

Artikel Tag: marcus rashford, manchester united, henrikh mkhitaryan, kara mbodji, ruben, sofiane hanni, youri tielemans, anderlecht, rene weiler, jose mourinho, zlatan ibrahimovic

361