Review Liga Europa: Schalke 3-2 Ajax. Diwarnai 3 Gol Ekstra Time, Wakil Belanda ke Semifinal

Penulis:
Jum'at , 09:00 WIB
Review Liga Europa: Schalke 3-2 Ajax. Diwarnai 3 Gol Ekstra Time, Wakil Belanda ke Semifinal

Pemain Ajax pastikan langkah ke babak semifinal Europa League/foto gettyImages

Ligaolahraga - Review Liga Europa: Dramatis! mungkin kata tersebut masih kurang tepat menggambarkan bagaimana perjuangan perwakilan Belanda, Ajax Amsterdam mampu melangkah ke babak semifinal dengan menyingkirkan wakil Jerman Schalke, Jumat (21/4) dini hari WIB.

Walaupun pada pertandingan leg kedua, Ajax harus takluk dengan skor 3-2, setelah permainan yang melelahkan sepanjang 120 menit. Tapi, mereka berhak melangkah ke babak semifinal. Karena unggul agregat 3-4 atas wakil Jerman tersebut

Memiliki modal keunggulan 2-0 di leg pertama, Ajax sebenarnya mampu bermain baik sepanjang 45 menit pertama. Meski lebih banyak mendapat tekanan dari tuan rumah, tapi lini pertahanan tamu bermain taktis untuk membendung setiap serangan tuan rumah.

Barulah di babak kedua tim asuhan Markus Weinsierl mampu membobol gawang wakil Belanda melalui aksi Leon Goretzka pada menit 52, Shalke 1 Ajax 0 dan agregat masih 1-2 untuk keunggulan Ajax.

Mampu membobol pertahanan tim tamu yang bermain baik di babak pertama, tuan rumah makin bersemangat. Hasilnya, hanya butuh waktu tiga menit bagi Schalke untuk menjaringkan gol keduanya, kali ini melalui penyerang andalan mereka, Guido Burgstaller yang kembali mengubah papan skor 2-0. Kali ini agregat kedua tim sama kuat 2-2.

Mampu mengejar defisit dua gol, Schalke terus berusaha mengejar ketinggalan. Sedangkan Ajax dipaksa bertahan semakin dalam.

Usaha Ajax untuk terus bertahan akhirnya jadi bumerang ketika pemain bertahan mereka, J Vieltman diusir wasit setelah menerima kartu kuning kedua pada menit 80. Sayangnya, waktu 10 menit tidak mampu dimaksimalkan Schalke untuk menyudahi perlawanan Ajax, sehingga pertandingan harus dilanjutkan dengan babak perpanjangan waktu.

Di babak ekstra time, wakil Jerman masih dominan, unggul jumlah pemain mereka memaksakan kemenangan. Usaha tersebut membuahkan hasil ketika, Daniel Caligiuri membobol gawang Andre Onana untuk ketiga kalinya, 3-0 Schalke unggul dan secara agregat kini mereka memimpin.

Mempunyai peluang besar untuk lolos ke babak semifinal dengan unggul agregat dan unggul jumlah pemain, serta bermain di kandang sendiri, Shalke justru lengah. Hal itu mampu dimaksimalkan pemain Ajax pada tambahan waktu paruh kedua, adalah Viergever yang mampu mengoyak gawang tuan rumah pada menit 111, 3-1. Hasil itu, sangat menguntungkan Ajax karena mereka kini memiliki keunggulan gol tandang.

Schalke yang wajib mencetak gol, justru kembali mendapat tamparan keras dari Ajax, ketika pemain sayap mereka Amin Younes mencetak gol kedua timnya pada menit 120, skor 3-2 menutup pertandingan dan Ajax lolos ke babak semifinal dengan agregat 3-4.

Artikel Tag: berita liga europa, manchester united, celta vigo, genk, besiktas, lyon, shalke, ajax, anderlecht, review, hasil pertandingan

271