Berita Liga Champons: Buffon Pertajam Rekor 'Clean Sheet'

Penulis:
Jum'at , 06:00 WIB
Berita Liga Champons: Buffon Pertajam Rekor 'Clean Sheet'

Iker Casillas dan Gianluigi Buffon/The Sun

Ligaolahraga - Berita Liga Champions: Sukses Juventus menahan imbang Barcelona, Rabu (19/4) atau Kamis dini hari WIB, mengantar Guianluigi Buffon mendekati rekor baru. Dia akan masuk jajaran sebagai kiper yang paling sering mencatat clean sheet di ajang Liga Champions.

Pada pertandingan di Stadion Camp Nou ini pasukan Massimiliano Allegri berhasil menahan imbang tuan rumah 0-0.

Dalam laga perempat final pertama Liga Champions di Turin pekan lalu melawan Barcelona, gawang Buffon juga steril. Juventus menang 3-0 saat itu sehingga hasil tanpa gol di laga kedua membuat Juve berhak meraih tiket semifinal

Dalam pertandingan di kandang Barca, barisan belakang Juventus berhasil membuat trio maut tuan rumah, Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar kehilangan ketajamannya. Inilah untuk ke-46 kalinya gawang yang dijaga kiper berusia 39 tahun ini tak kebobolan atau mencatat clean sheet.

Hanya ada tiga penjaga gawang yang mencatat clean sheet lebih banyak di ajang Liga Champions dibanding kiper yang memperkuat Juventus sejak 2001 tersebut. Mereka adalah Iker Casillas (54), Edwin van der Sar (50) dan Petr Cech (47).

Lolosnya Juventus ke semifinal membuat Buffon berpeluang menambah rekor positifnya tersebut. Calon lawannya di semifinal akan ditentukan dalam undian yang digelar di Nyon, Swiss, Jumat (21/4). Klub yang yang masuk empat besar adalah Real Madrid, Atletico Madrid, dan AS Monaco.

Kini selisih catatan clean sheet Buffon dengan Casillas adalah delapan. Casillas juga berpeluang mempertajam rekor ini karena kemungkinan besar Porto kembali tampil di Liga Champions musim mendatang, demikian pula Juventus.

Jadi kemungkinan akan ada persaingan yang menarik musim depan mengingat kedua kiper memiliki hubungan yang akrab.

Artikel Tag: gianluigi buffon, clean sheet, iker casillas, liga champions, edwin van der sar, petr cech , berita liga champions

1076