Berita Sepak Bola Nasional: Naturalisasi Ezra Walian Direstui Joko Widodo

Penulis:
Selasa , 16:48 WIB
Berita Sepak Bola Nasional: Naturalisasi Ezra Walian Direstui Joko Widodo

Ezra Walian saat persiapan bersama Timnas Indonesia U-22

Ligaolahraga - Berita Sepak Bola Nasional: Proses naturalisasi pemain muda, Ezra Walian untuk bisa memperkuat Timnas Indonesia dapat restu dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Orang nomor satu Indonesia tersebut menandatangai Keputusan Presiden (Keppres) yang memastikan ijin Walian.

Keppres dengan nomor 5/PWI Tahun 2017, tertanggal 20 Maret 2017 dan keputusan itu mulai berlaku pada tanggal ditetapkannya.

Di Keppres juga tertera pemain asal Ajax ini diberi waktu hingga tiga bulan untuk melakukan sumpah, sejak tanggal pemberitahuan dikirim ke pemohon. Jika tidak, maka keputusan tersebut batal demi hukum.

"Mengabulkan permohonan kewarganegaraan Republik Indonesia atas nama Ezra Harm Ruud Walian, lahir di Amsterdam, 22 Oktober 1997, untuk menjadi Warga Negara Republik Indonesia," tulis Keppres.

Sementara itu, untuk peluang Ezra apakah bisa bermain melawan Myanmar dalam laga ujicoba nanti sore kontra Myanmar tergantung keputusan pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla.

Ezra pun sudah berada di Indonesia sejak kemarin, Minggu (19/3) siang. Pemain berdarah Manado Belanda ini sudah mengikuti latihan Timnas Indonesia di Stadion Pakansari, Senin (20/3) sore.

Ezra sendiri adalah satu-satunya pemain naturalisasi yang ada dalam tim Timnas Indonesia U-22 di bawah kepemimpinan Luis Milla.

Pemain dengan nama lengkap Ezra Harm Ruud Walian lahir 22 Oktober 1997, saat ini ia teratat sebagai pemain muda Ajax. Ia berposisi sebagai striker. Ayahnya bernama Glenn Walian berasal dari Manado, Indonesia sedangkan ibunya Linda Bos merupakan warga asli Belanda. Ezra Walian telah menandatangani kontrak profesional bersama Ajax Amsterdam dengan durasi 4 tahun hingga 30 Juni 2017.

Pemain ini sangat mencintai tanah leluhurnya Indonesia dimana hampir setiap tahun dirinya mengunjungi Indonesia terutama Manado yang merupakan daerah asal ayahnya. Bahkan pada tahun 2013 Ezra Walian diundang langsung oleh Gubernur provinsi Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang di rumah dinasnya. Pada kunjungan selanjutnya yaitu 8 Juli 2014, Ezra Walian diundang langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia saat itu Roy Suryo.

Artikel Tag: berita sepak bola nasional, timnas indonesia, myanmar, luis milla, aff, ezra walian,

294