Berita Liga Inggris: Kata Mourinho, Ini Jadi Sebab United Kehilangan Dominasi

Penulis:
Selasa , 15:24 WIB
Berita Liga Inggris: Kata Mourinho, Ini Jadi Sebab United Kehilangan Dominasi

Mourinho Berikan Penjelasan Kenapa United Belum Kembali Mendominasi Kompetisi Domestik (sumber: oneindia.com)

Liga Olahraga-Berita Liga Inggris: MAnchester United sudah lama kehilangan dominasi di kompetisi domestik pasca pensiunnya Sir Alex Ferguson. Namun, selain karena pensiunnya Ferguson, Mou menilai jika era baru Liga Primer Inggris juga jadi sebab United tak kunjung kembali mendominasi titel.

Keampuhan armada Manchester United di era Sir Alex Ferguson memang tidak perlu diragukan. Raihan trofi di ajang Eropa maupun di level domestik jadi bukti sahih kemampuan Ferguson dalam membeli sampai meracik skema terbaik untuk pemain-pemain yang dimilikinya.

Setelah ia memutuskan pensiun dari dunia kepelatihan pada 2013 lalu, United pun seolah kehilangan dominasi baik di kompetisi eropa bahkan di tingkat domestik. David Moyes hanya berhasil menyumbangkan satu gelar Community Shield, begitu juga dengan Louis van Gaal yang hanya mampu menorehkan satu Piala FA.

Kini, United yang diasuh dengan "tangan dingin" Jose Mourinho masih berusaha menancapkan kembali dominasi yang telah lama hilang dari mereka. Sisi finansial yang merata dan gengsi tinggi kompetisi ditengarai Mourinho jadi penyebab United kehilangan dominasinya di liga.

"Saya tiba di Manchester pada saat masa-masa sulit. Tapi hal itu sama dengan apa yang dirasakan oleh David Moyes dan Louis van Gaal. Masa-masa selepas kepergian Sir Alex adalah masa-masa sulit untuk mengatur kembali klub, dan tidak hanya karena kepergiannya, tapi juga karena era baru Liga Inggris," ujar Mourinho seperti dilansir dari Mirror.

"Sebuah masa dimana kekuatan ekonomi semakin menjadi-jadi dan membuat setiap orang takut. Hal ini karena kekuatan ekonomi tersebut tidak hanya terpaku pada dua klub seperti di Spanyol, atau bahkan satu klub di Jerman. Di Inggris, kekuatan (ekonomi) ini tersebar merata," papar pelatih berjuluk "The Special One" itu.

Mourinho pun mengambil contoh paling mendasar dimana ia tidak bisa membeli pemain terbaik dari sesama klub Inggris seperti yang pernah ia lakukan kala dirinya menjalani debut kepelatihan di Liga Primer di musim 2004/2005 bersama Chelsea pasca diboyong dari FC Porto.

"Saat di Chelsea, saya bisa memboyong Shaun Wright-Phillips yang merupakan pemain terbaik di Manchester City saat itu, ataupun menggaet Ashley Cole dari Arsenal. Sir Alex, ketika ia ingin pemain terbaik Tottenham, ia membeli Michael Carrick dan kemudian Berbatov."

"Jika mengambil contoh dari Bayern di Jerman. Anda tahu kapan mereka akan menorehkan gelar setiap musim? Ketika sebelumnya pada musim panas mereka membeli pemain terbaik Borussia Dortmund. Seperti Gotze, kemudian Lewandowski, dan juga Hummels pada tahun lalu," tukas Mou membandingkan Liga Primer Inggris dan Bundesliga.

Artikel Tag: jose mourinho, manchester united, sir alex ferguson, david moyes, louis van gaal

409