Berita Tinju: Saunders, Alvarez, Jacobs II? Siapa yang Selanjutnya Gennady Golovkin Hadapi?

Penulis:
Selasa , 08:23 WIB
Berita Tinju: Saunders, Alvarez, Jacobs II? Siapa yang Selanjutnya Gennady Golovkin Hadapi?

Daniel Jacobs (kiri) sempat membuat bingung GGG dalam duel mereka pada 18 Maret lalu

Ligaolahraga – Berita Tinju: Setelah Daniel Jacobs harus mengakhiri rekor 23 kemenangan KO beruntun selama sembilan tahun miliknya pada Sabtu (18/3) pekan lalu, apa berikutnya bagi jawara kelas menengah No. 1 dunia Gennady Golovkin? Berikut kemungkinan calon lawannya:

1. BILLY JOE SAUNDERS

Petinju Inggris ini kemungkinan menjadi lawan Golovkin berikutnya di kampung halamannya di Kazakhstan pada 10 Juni mendatang. Golovkin (37-0, 33 KO) yang tinggal di California tidak bertarung di Kazakhstan sejak 2010 dan menginginkan gelar WBO milik Saunders – satu-satunya titel yang tak GGG miliki. “Ini (Saunders) adalah pertarungan impian saya,” kata Golovkin.

Saunders (24-0, 12 KO) sepertinya juga menyambut baik setelah periode yang tak aktif, tidak produktif dan mengecewakan sebagai juara dunia. Petinju 27 tahun itu mengalahkan Andy Lee lewat angka pada Desember 2015. Tapi sejak itu dia hanya bertarung sekali – menang angka atas Artur Akavov – pada Desember lalu.

Kata promotor GGG, Tom Loeffler, O2 Arena di London juga menjadi opsi untuk melakukan duel penyatuan gelar dengan Saunders, setelah 20 ribu tiket terjual dalam 11 menit ketika Golovkin menghadapi Kell Brook di sana tahun lalu.

Tapi kemungkinan besar, jika keduanya bertemu, pertarungannya akan digelar di Astana, ibu kota Kazakhstan, yang bertepatan dengan pembukaan World Expo – salah satu sponsor Golovkin pada duel melawan Jacobs pada Sabtu lalu. Duel ini akan menarik banyak minat di Kazakhstan, meski banyak fans tinju ingin GGG menghadapi lawan yang lain.

2. CANELO ALVAREZ

Fans tinju ingin sekali menyaksikan Golovkin dan Canelo di atas ring bersama, yang bisa menjadi pertarungan tinju terbesar sejak Floyd Mayweather Jr versus Manny Pacquiao pada Mei 2015, masih harus menunggu sedikit lebih lama.

Alvarez akan menghadapi kompatriotnya dari Meksiko, Julio Cesar Chavez Jr pada 6 Mei dan jika Golovkin mengalahkan Saunders sebulan kemudian, maka duel maha besar itu bisa digelar pada bulan September. “Semua pihak menginginkan duel ini, saya siap,” kata Golovkin.

3. DANIEL JACOBS

Menarik sekali jika Jacobs kembali menghadapi Golovkin. Sabtu lalu, Jacobs (32-2, 29 KO) bangkit setelah dipukul jatuh di ronde keempat dan membuat bingung GGG dengan berganti gaya di sepanjang pertarungan. Dia balas memukul ketika lawan lain akan menyerah, dan banyak yang bahkan mengira dia akan menang, meski akhirnya kalah angka tipis.

Jacobs memupus aura “tak tersentuh” di sekitar Golovkin, yang akan membuat mudah saat memasarkan duel ulang keduanya. Namun Jacobs, 30 tahun, masih harus menunggu dan berharap GGG bisa mengalahkan Saunders sebelum dia mendapatkan kesempatan membalas dendam.

4. MIGUEL COTTO

Petinu populer asal Puerto Riko ini mencari satu duel lagi dengan bayaran besar pada penghujung karier briliannya yang memberinya gelar juara dunia di empat kelas berbeda. Apakah Golovkin calon lawannya?

Cotto merupakan nama besar yang tak ada dalam rekor kemenangan Golovkin, tapi Cotto mungkin harus menunggu tahun depan jika memang bersedia berduel dengan sang jawara.

Cotto, 36 tahun, tidak bertarung sejak kalah dalam duel linel menengah dari Alvarez pada November 2015. Dia direncanakan kembali naik ring bulan lalu versus James Kirkland, tapi duel itu dibatalkan setelah Kirkland mengalami cedera saat latihan.

Kabarnya Cotto (40-5, 33 KO) akan menghadapi petinju Meksiko Juan Manuel Marquez, dan dia masih berada di urutan belakang dalam daftar yang GGG ingin hadapi pada 2017.

5. CHRIS EUBANK JR

Meski menarik diri dari rencana pertarungan melawan Golovkin di London pada September lalu, lebih memilih duel mudah, Eubank Jr (24-1, 19 KO) masih terus mengungkapkan keinginan menghadapi GGG. Banyak fans dan promotor yang bertanya-tanya apakah petinju Inggris itu benar-benar serius.

Memaksa pertarungan melalui duel wajib masih menjadi harapan terbaik Eubank. Tapi dia tak ada dalam daftar terkini WBA setelah naik ke kelas menengah super dalam duel terakhirnya. Kini Eubank berada di peringkat ke-5 dalam daftar kelas menengah IBF.

Selain kelima petinju di atas, ada beberapa kemungkinan jika duel melawan saunders tak terlaksana. Termasuk menghadapi petinju Kanada David Lemieux (37-3, 33 KO), petinju Irlandia Andy Lee (35-3-1, 24 KO) dan petinju Prancis Hassan N'Dam N'Jikam (35-2, 21 KO).

Artikel Tag: gennady golovkin, billy joe saunders, canelo alvarez, daniel jacobs, miguel cotto, chris eubank jr, tinju

3550 
Berita Terkait
load more article