Berita Penghargaan Olahraga: Mo Farah dan Kadeena Cox Raih Penghargaan Olahragawan Terbaik Inggris

Penulis:
Senin , 23:00 WIB
Berita Penghargaan Olahraga: Mo Farah dan Kadeena Cox Raih Penghargaan Olahragawan Terbaik Inggris

Mo Farah (Foto: Skysports)

Ligaolahraga - Berita Olahraga: Pelari Mo Farah dianugerahi gelar Olahragawan Terbaik dalam Penghargaan Olahraga Keberagaman Etnik Inggris (BEDSAs). Atlet berusia 33 tahun ini mengungguli pemain rugbi Maro Itoje, taekwondoin peraih perak Olimpiade Lutalo Muhammad, serta pedayung Mohamed Shibi, salah satu dari kuartet yang meraih emas di Olimpiade Rio 2016.

Farah memang layak menyabet penghargaan ini. Dia berhasil menyabet emas di nomor lari 5.000 dan 10.000 meter di Olimpiade Rio, sama dengan yang diraihnya di Olimpiade London 2012. Dia menyamai prestasi Lasse Viren yang juga menyabet prestasi serupa di Olimpiade 1972 dan 1976.

“Terima kasih kepada Lycamobile British Ethnic Diversity Sports Awards dan khususnya kepada semua yang telah memilih saya,” kata Farah dalam sambutan yang telah direkam sebelumnya.

“Sangat berarti bagi saya terpilih menjadi Olahragawan Terbaik dan selamat kepada para nomine semua. Sangat menyeangkan melihat semua orang datang ke sini di malam ini untuk merayakan pencapaian hebat yang dilakukan komunitas olahraga dari berbagai macam etnis ini,” ujar Farah.

Sementara penampilan heroik Kadeena Cox di ajang Paralimpiade Rio 2014 lalu membuatnya terpilh menjadi Olahragawati Terbaik BEDSAs tahun ini. Inilah untuk pertama kalinya seorang atlet difabel menyabet penghargaan yang sudah digelar untuk ketiga kalinya ini.

Cox, penderita kelainan tulang belakang, menyabet dua emas, satu perak, dan satu perunggu di Rio. Dua emas direbutnya dalam lari 400 meter T38 dan balap sepeda nomor time trial C4-5. Raihannya ini membuat Cox menjadi orang Inggris pertama setelah Isabel Barr (kemudian Newstead) tahun 1988 yang sukses menyabet emas di dua cabang berbeda di Paralympic Games.

“Saya sangat senang bisa meraih penghargaan ini dan ingin menyampaikan beribu terima kasih Sporting Equals atas semua kerja mereka di Komite BAME ," papar Cox.

Perenang Alice Tai menyabet penghargaan Olahragawan Muda Terbaik setelah tampil mengesankan di ajang Paralimpik di Rio. Atlet berusia 18 tahun asal Bournemouth ini menyabet perunggu nomor 100 meter renang gaya punggung.

Dia juga anggota tim Inggris yang menorehan rekor dunia dan menyabet emas renang nomor estafet gaya ganti 400 meter 34 poin. “Ini gila,” kata Alice Tai kepada Sky Sports.

“Saya hanya berharap datang ke sini untuk menikmati acara ini dan memberi selamat kepada semua pemenang. Saya tak menyangka akan mendapatkan penghargaan ini,” tuturnya.

Penerima penghargaan lainnya adalah atlet Inggris keturunan Bangladesh Ruqsana Begum. Dia menyabet Penghargaan Penampilan Paling Menginspirasi setelah mengalahkan Susanna Salmijarvi dari Finlandia yang membuatnya menjadi juara dunia Muay Thai klas 48 kg.

Chris Hughton, yang kini tengah mengawal Brighton berkompetisi di Premier League untuk pertama kalinya dalam sejarah klub itu, mendapat anugerah Pelatih Terbaik.

Artikel Tag: mo farah, kadeena cox, olahragawan terbaik, bedsas

393