Berita MotoGP: Race Direction Belum Berani Putuskan Soal Balap Basah di Qatar

Penulis:
Senin , 19:00 WIB
Berita MotoGP: Race Direction Belum Berani Putuskan Soal Balap Basah di Qatar

Losail Qatar (sumber:motorcyclenews.com)

Ligaolahraga – Berita MotoGP: Hujan diprediksi akan mendera Sirkuit Internasional Losail Qatar pada seri pembuka MotoGP 2017 pada 26 Maret mendatang. Namun, rencana untuk tetap menggelar balap malam dalam kondisi hujan hingga kini belum diputuskan. Hal ini seperti yang diungkapkan Mike Webb, selaku Race Director MotoGP lantaran semua pebalap belum menyetujui balapan basah.

Seperti diketahui, cuaca di sirkuit Losail yang kerap berubah dan sulit diprediksi sering membuat pihak Race Direction kerepotan. Pekan lalu (17/3) perhelatan tes pramusim kelas Moto2 dan Moto3 bahkan sempat dibatalkan akibat guyuran hujan deras di Sirkuit Losail.

Akan tetapi ini bukan kali pertamanya Race Direction punya pengalaman pahit saat hujan mengguyur balap malam. Pada tahun 2009 silam, balap malam balapan kelas 125cc dan balap 250cc juga pernah ditunda sehari karena hujan lebat, sehingga balapan kembali dimulai pada hari Senin.

“Sebenarnya, kami khawatir jika pantulan cahaya lampu lintasan ketika hujan turun akan menyilaukan para pebalap. Kami dulu juga pernah menunda balap malam (2009), saat itu beberapa pebalap kelas 125cc yang berada di lintasan mengatakan ‘kami kesulitan melihat’.

“Sejak itulah kami membagi balapan menjadi beberapa sesi ketika hujan turun. Kami ingin tahu sebenarnya apa yang bisa kami lakukan saat hujan. Sehingga Franco (Uncini) dan Loris (Capirossi) kesini dan melakukan tes saat malam dengan keadaan lintasan yang sepenuhnya dibuat basah. Dan mereka menyimpulkan bahwa sangat mungkin untuk mengaspal saat lintasannya basah.”

Dengan pertimbangan para rider akan terkena silau saat hujan mendera, Mike Webb menegaskan jika keputusan untuk menggelar balap malam di saat hujan berada di tangan para pebalap.

“Keputusan untuk tetap balapan saat hujan belum final, tapi kami sudah menyuruh para pebalap dan tim agar bersiap melakukan pengujian saat hujan. Jadi mereka bisa memberikan penilaiannya apakah itu akan berbahaya atau tidak.

“Setelah Franco dan Loris melakukan tes dan menyimpulkan balapan tersebut masih mungkin, mereka juga memberitahu sejumlah pebalap secara langsung soal apa yang dirasakan saat pengujian. Lalu semua rider mengatakan,’oke, mari lakukan pengujian dulu agar kami tahu kondisi sebenarnya.’

“Kami akan menggelar tes tersebut jika ada kesempatan, tapi kami tidak akan menggelar balapan basah kecuali semua rider sudah melakukan tes dan menyetujuinya.”

Artikel Tag: mike webb, moto2, moto3, motogp 2017, rossi, vinales, gp qatar 2017

2194