Ragam Liga Italia: Inilah Tim Terbaik Sepanjang Masa Timnas Italia Versi Giampiero Ventura

Penulis:
Rabu , 21:24 WIB
Ragam Liga Italia: Inilah Tim Terbaik Sepanjang Masa Timnas Italia Versi Giampiero Ventura

Ventura tak sertakan Buffon dalam tim terbaik timnas Italia

Ligaolahraga - Ragam Liga Italia: Pelatih tim nasional Italia, Giampiero Ventura, mengungkap tim idaman terbaik sepanjang masa versi dirinya, namun ia tidak menyertakan sejumlah nama pesepak bola modern terbaik Italia di dalamnya.

Tak ada tempat untuk Pangeran kota Roma, Francesco Totti, legenda AC Milan, Paolo Maldini, ataupun sang maestro lini tengah Andrea Pirlo, dalam daftar tim terbaik Italia sepanjang masa yang diungkap oleh Ventura.

Pria berusia 68 tahun ini lebih memilih para pemain yang sudah benar-benar pensiun, ketimbang masih aktif bermain seperti yang disebutkan tadi.

Dimulai dari sisi penjaga gawang, nama Gianluigi Buffon kalah dari kapten Gli Azzurri yang berhasil meraih trofi Piala Dunia 1982, Dino Zoff: "Di bawah mistar, Dino Zoff," ujar Ventura kepada Vivo Azzurro.

"Dia adalah pemain legendaris di dunia sepak bola, diluar dari mereka yang masih bermain saat ini, dia adalah yang terbaik di posisinya selama 50 tahun terakhir. Ini bukanlah pilihan taktikal, namun benar-benar pilihan berdasarkan hati."

Kemudian di sisi pertahanan nama dua mantan bek Inter, yakni Tarcisio Burgnich dan Giachinto Facchetti mengisi dua posisi full-back, ketimbang pemain seperti Maldini dan Giuseppe Bergomi, dengan Ventura menjelaskan bahwa para pemain bintang di era 60-an adalah bagian dari masa mudanya.

Ventura memilih duet bek tengah yang lebih terkini, yakni Franco Baresi dan Alessandro Nesta, namun kembali memilih para pemain yang lebih 'kuno' untuk lini tengahnya, sekaliber Franco Causio, Gianni Rivera dan Romeo Benetti.

Di lini serang, Roberto Baggio yang memainkan tiga Piala Dunia di era 90-an, termasuk dalam pilihannya. Ventura berkata: "Permainannya sering sekali menghibur bagi saya."

Melengkapi kesebelasannya, mantan pelatih Torino ini kembali ke para pemain era 60-an dan 70-an, dengan memilih Sandro Mazzola dan Gigi Riva.

Tim Terbaik Italia Sepanjang Masa versi Ventura (4-3-3): Zoff; Burgnich, Baresi, Nesta, Facchetti; Causio, Rivera, Benetti; Baggio, Mazzola, Riva.

Artikel Tag: giampiero ventura, italia, liga italia, dino zoff, roberto baggio, serie a

770