Berita MotoGP: Inilah 9 Hal Menarik yang Layak Dinantikan di Musim Balap 2017

Penulis:
Kamis , 17:30 WIB
Berita MotoGP: Inilah 9 Hal Menarik yang Layak Dinantikan di Musim Balap 2017

Bergabungnya Maverick Vinales bersama tim Yamaha layak dinantikan kiprahnya di 2017

Ligaolahraga - Berita MotoGP: Musim balap 2016 sudah berakhir dengan tampilnya Marc Marquez sebagai juara dunia MotoGP dan musim baru 2017 segera bergulir, hal apa saja yang layak dinantikan di musim 2017 bini? Berikut 9 hal menarik yang layak dinantikan.

1. Hadirnya Lorenzo di Ducati yang sedang on fire

Ducati sudah kembali tampil apik setelah mengalami masa-masa sulit. Musim 2016 lalu Desmosedici mencatatkan dua kemenangan pertama sejak 2010 dan konstan hadir di podium musim lalu. Sekarang, pemegang lima kali Juara Dunia, Jorge Lorenzo bergabung dengan tim ini berpartner dengan Andrea Dovizioso. Lorenzo akan mencoba dan meraih gelar juara untuk tim pabrikan Italia ini yang sebelumnya hanya Casey Stoner yang mampu mempersembahkannya. Hasil tes pertama yang positif di Valencia setidaknya membawa harapan.


2. Bergabungnya Maverick Vinales sebagai partner Rossi di Yamaha

Vinales adalah pebalap yang menduduki peringkat atas pada tes pra musim pertama di Valencia di pekan terakhir GP 2016. Menang pertama kali di Silverstone di ajang MotoGP. Juara dunia Moto3 2013 ini akan berpartner dengan juara dunia sembilan kali Valentino Rossi yang akan menjadi kombinasi eksplosif untuk Yamaha. Vinales yang sedang memburu gelar pertamanya sementara Rossi akan memburu gelar juara dunia untuk yang ke-10 kalinya.


3. Mewaspadai pabrikan baru KTM yang bergabung ke MotoGP

Pabrikan asal Austria ini akan turun secara penuh di 2017 dengan pebalap Bradley Smith dan Pol Espagaro. Penampilan unik rangka besi yang berbentuk tabung di motor mereka sudah membuatnya tampil keren. Dengan banyaknya tes dan pengalaman membalap akan membuat tim ini menarik diikuti perkembangannya di musim ini.


4. Hadirnya Andrea Iannone di tim Suzuki

Tampilnya Vinales sebagai juara di Silverstone memberikan kemenangan pertama bagi pabrikan Hamamatsu di MotoGP sejak kembali ke kelas ini 2015 lalu dan kemenangan pertama sejak 2007. Dengan performa motor yang menunjukkan peningkatan yang cepat dan masuk ke peringkat lima besar, podium dan penantang juara, akan ditambah hadirnya amunisi baru Iannone yang akan berpertner dengan lulusan Moto2, Alex Rins. The maniac tentunya akan mendorong hingga batas maksimal untuk mengikuti gaya membalapnya di 2016 karena ia mengetahui motornya mampu melakukan hal itu.


5. Dilarangnya penggunaan winglet berarti tantangan baru

Rekor kemenangan Dani Pedrosa di Misano dikarenakan mesin yang digunakan Repsol Honda tanpa menggunakan winglet, dan ini di 2017 dilarang. Hal ini berarti akan menimbulkan tantangan baru bagi pabrikan yang biasanya menggunakan winglet sebagai bagian terpenting agar motor mereka tampil sempurna. Perhatian tertuju pada Ducati yang menggunakan winglet untuk meningkatkan performa motor mereka, akankah penampilan mereka tetap apik meski tanpa winglet? layak dinantikan.


6. Penampilan empat rookie di MotoGP

Ada empat rookie di MotoGP 2017 ini, juara Moto2, Johann Zarco yang akan berduet dengan eks rivalnya di Moto2, Jonas Folger yang bergabung di tim Monster Yamaha Tech 3. Dua pebalap lainnya Alex Rins di Tim Suzuki Ecstar dan Sam Lowes di Aprilia Racing Team Gresini. Tes pra musim menunjukkan lebih sulit bagi Lowes dan Rins untuk cepat beradaptasi karena mereka harus jatuh sebelum tes berakhir, namun bagi Zarco dan Folger keduanya bisa dengan cepat beradaptasi dengan kecepatan dengan banyaknya pengalaman yang mereka miliki. Patut dinantikan pertarungan untuk memperbutkan gelar Rookie of the Year 2017.


7. Pendatang baru semarakkan di Moto2

Di kelas Moto2 akan ada banyak pebalap baru yang akan bergabung di 2017 termasuk di antaranya juara Moto3 2016, Brad Binder yang naik kelas dengan tim Red Bull KTM Ajo dengan sasis mesin yang baru. Selain itu ada duo Francesco Bagania dan Stefano Manzi di tim baru Sky Racing VR46. Dua kali pemenang GP, Khairul Idham Pawi juga hadir bersama Idemitsu Honda Team Asia. Kemudian Fabio Quartararo yang juga naik kelas bergabung bersama tim Paginas Amarillas HP40 yang menggantikan Alex Rins dan Jorge Navarro di Federal Oil Gresini mengisi tempat Sam Lowes yang naik kelas. Selain itu ada juga pemegang podium Moto3, Andrea Locatelli dan pemenang ajang FIM Europe Supersport, Axel Bassani yang layak dinantikan kiprahnya di Moto2.


8. Deretan rookie dan returner Moto3

Moto 3 juga diramaikan dengan banyaknya para pendatang baru meski yang akan menjadi tajuk utama adalah peng'acak'an pebalap. Romano Fenati yang kembali bersama Ongetta-Rivacold, Niccolo Antonelli yang bergabung dengan pemegang juara dunia Red Bull KTM Ajo dan penantang juara dunia Moto3, Enea Batianini berganti tim ke Estrella Galicia 0,0. Pemenang FIM CEV Repsol Moto3 Junior World Championship, Lorenzo dalla Porta yang kembali membalap lagi bersama tim debutan asal India, Mahindra Machinery. Semua pebalap ini sudah siap berkompetisi dan menyemarakkan ajang Moto3 di 2017 ini.


9. Tim independen semakin mantapkan diri

Sebelum 2016, pebalap dari tim independen yang memenangkan balap MotoGP adalah Toni Elias di Estoril pada 2006. Kemudian disusul Jack Miller yang mengukir kemenangan menakjubkan untuk Estrella Galicia di Assen dan Cal Crutchlow yang menang di Phillip Island dan Brno bersama LCR Honda. Hasil tersebut menunjukkan bagaimana tim independen sudah menunjukkan tajinya di kelas premier. Dengan lebih banyak investasi yang mengalir untuk tim non pabrikan di awal 2017 artinya balapan akan menjadi lebih kompetitif.

Artikel Tag: motogp, moto2, moto3, jorge lorenzo, maverick vinales, valentino rossi, ducati, yamaha moviestar, ktm, suzuki

13254535  

Komentar:





Terima Kasih, komentar Anda sudah terkirim, mohon tunggu verifikasi admin.
Maaf, ada data yang salah. Silahkan ulangi kembali. Terima Kasih
Maaf, ada kesalahan saat mengirim data. Silahkan ulangi kembali. Terima Kasih
Maaf, ada data kesalahan dengan service email kami. Silahkan ulangi kembali. Terima Kasih
Silahkan centang verifikasi google terlebih dahulu
Belum ada komentar