Berita MotoGP: Ducati Beri Tugas Khusus Casey Stoner dan Michele Pirro di Sepang

Penulis:
Rabu , 06:00 WIB
Berita MotoGP: Ducati Beri Tugas Khusus Casey Stoner dan Michele Pirro di Sepang

Casey Stoner with Michele Pirro

Ligaolahraga - Berita MotoGP: Casey Stoner dipastikan akan kembali mengaspal pada sesi uji coba pramusim MotoGP 2017 di Sepang bersama tes rider Ducati lainnya, yaitu Michele Pirro. Namun dalam sesi pengujian tersebut, kedua tes rider Ducati itu rupanya mengemban sebuah tugas khusus, apa itu?

Mantan juara dunia MotoGP, Casey Stoner, dipastikan akan turun ke lintasan untuk mengikuti sesi pengujian resmi pra-musim 2017 bersama Ducati. Uji coba perdana MotoGP tersebut rencananya akan digelar pada akhir bulan Januari ini di Sirkuit Sepang untuk mencari alternatif pengganti panel winglet atau sayap aerodinamika, yang telah dilarang pada musim 2017.

Pelarangan penggunaan winglet, yang akan mulai diberlakukan sejak musim 2017, membuat tim asal Bologna itu cukup kecewa. Bahkan sempat muncul spekulasi bahwa pelarangan winglet di MotoGP bertujuan untuk menjatuhkan tim Ducati. Pasalnya, The Reds adalah tim yang pertama kali menggunakan komponen tersebut. Sehingga kini Ducati harus bisa memutar otak untuk mencari teknologi alternatif pengganti winglet.

Davide Tardozzi selaku manajer tim Ducati, yakin jika beberapa rider yang sempat menyebut winglet itu tidak berguna, saat ini sudah sadar betapa tidak stabilnya melakukan under braking tanpa ‘sayap’ tambahan tersebut. Ducati lantas menugaskan Casey Stoner dan Michele Pirro untuk mengevaluasi bodi motor MotoGP yang akan dipasangi beberapa komponen aerodinamis yang tak terlihat.

Setelah winglet resmi dilarang, pihak MotoGP akan berikan informasi soal standarisasi bentuk perangkat aerodinamis yang diperbolehkan. Dan pada MotoGP musim 2017, tiap rider hanya boleh menggunakan satu desain fairing, itu berarti tiap tim hanya boleh mengajukan dua desain yang akan digunakan di sepanjang musim 2017. Kedua desain tersebut tentunya harus melalui persetujuan Direktur Teknis MotoGP, Danny Aldridge. Dan saat ini, satu desain yang diajukan Ducati telah mendapat persetujuan. 

Artikel Tag: casey stoner, michele pirro, valentino rossi, lorenzo, ducati, davide tardozzi, motogp 2017

4526