Berita MotoGP: Tekanan Berat di Musim 2016 Tak Bikin Marquez Melempem

Penulis:
Sabtu , 11:01 WIB
Berita MotoGP: Tekanan Berat di Musim 2016 Tak Bikin Marquez Melempem

Marc Marquez

Ligaolahraga - Berita MotoGP: Pencapaian Marc Marquez tahun 2016 ini bukanlah sesuatu yang didapatkannya begitu saja, namun ternyata banyak hal yang telah dilaluinya. Beginilah curhatan Marquez soal tekanan berat yang membebaninya dalam perebutan gelar musim ini.

Setelah berhasil memastikan diri sebagai jawara MotoGP musim 2016, Marc Marquez menuturkan soal tekanan yang membebaninya di sepanjang perebutan gelar musim ini.

Sebelumnya Marquez telah sukses menyabet titel dalam dua tahun pertamanya di balap kelas premier, namun gagal mempertahankan gelarnya pada tahun 2015 lalu karena kalah saing dari Jorge Lorenzo  dan Valentino Rossi. Selain itu, musim lalu Marquez juga mengalami beberapa crash dan harus absen dari beberapa seri.

Namun, kegagalannya di tahun 2015 rupanya tak menyurutkan semangatnya. Di musim ini, Marquez lebih terfokus untuk tampil lebih konsisten di lintasan dan berusaha menjadi yang terdepan di saat para rivalnya mengalami kemunduran, yang akhirnya membuatnya sukses mengunci titel musim ini setelah kemenangan terakhirnya di Jepang.

“Bagi saya, tahun 2016 sangat, sangatlah berat, namun juga istimewa, sebab sepertinya ini adalah musim dimana saya pertama kali benar-benar merasakan tekanan yang sesungguhnya,” ujarnya saat sesi interview bersama Honda. “Tahun ini, satu-satunya target adalah untuk menjadi yang teratas lagi, dan kami pun berhasil, jadi saya sangat menikmatinya, terutama dalam beberapa seri akhir musim ini.”

Marquez, yang kini baru menginjak usia 23 tahun, menjadi rider termuda yang telah mengumpulkan tiga titel MotoGP, serta menjadi pebalap termuda yang telah mengoleksi lima gelar di semua kelas.

“Rasanya sungguh luar biasa saat orang-orang membandingkan Anda dengan beberapa legenda,” imbuhnya. “Menjadi rider termuda yang meraih tiga titel MotoGP, dan sekaligus menjadi rider termuda yang berhasil menjuarai MotoGP, itu sungguh luar biasa, sulit untuk dipahami.

“Saya lebih pilih untuk tidak terlalu memikirkannya, saya lebih suka melanjutkannya dengan mental yang sama, memacu dengan cara yang sama. Sebab, saya merasa ini adalah jalan terbaik agar bisa terus mencapai kesuksesan ini.”

Artikel Tag: marc marquez, rossi, lorenzo, repsol honda, motogp 2016, motogp 2017

1883