Berita MotoGP: Layout MotoGP Sirkuit Catalunya Resmi Diubah Seperti Layout Formula 1

Penulis:
Kamis , 22:15 WIB
Berita MotoGP: Layout MotoGP Sirkuit Catalunya Resmi Diubah Seperti Layout Formula 1

Sirkuit Catalunya

Ligaolahraga - Berita MotoGP: Demi keselamatan para rider MotoGP, kini sirkuit Catalunya akan dirombak seperti layout yang digunakan balap Formula 1. Keputusan ini disepakati usai kecelakaan tragis yang memakan korban jiwa, yaitu rider Moto2 Luis Salom pada bulan Juni lalu. Lantas, bagian mana saja yang akan diubah?

Gelaran balap MotoGP di sirkuit Catalunya kini akan beralih menggunakan layout Formula Satu. Adanya perubahan ini tak lain adalah demi faktor keselamatan para pebalap yang sebelumnya patut dipertanyakan.

Di musim ini, lintasan yang terletak di Montmelo Spanyol itu sempat memakan korban jiwa, yaitu Luis Salom. Sang rider Moto2 tewas secara tragis setelah tergelincir di tikungan terakhir saat sesi Free Practice 2 pada awal bulan Juni lalu.

Kecelakaan tragis itu lantas menuai kekhawatiran dari berbagai pihak termasuk dari para rider. Dalam rapat Komisi Keamanan yang dihadiri oleh para rider MotoGP, akhirnya disepakati jika layout sirkuit tersebut akan dirubah, terutama di area tewasnya Salom yaitu tikungan 12.

Kini, balap MotoGP akan menggunakan layout yang mirip dengan yang digunakan F1, hanya saja chicane sebelum tikungan terakhir akan dibuat sedikit ke depan. Dengan begini, area run-off di tikungan 12 akan meningkat, selain itu para pebalap tak harus memotong lintasan untuk masuk ke pit lane.

Dalam layout terbaru, tikungan 10 (La Caixa) akan lebih diperpendek, seperti yang digunakan F1 sejak 2004 silam. Panjang trek yang tadinya 4727 meter, kini juga akan diperpendek 75 meter, menjadi 4652 meter saja.

Pengerjaan layout versi teranyar ini baru akan dimulai bulan depan, tepatnya saat tak ada aktivitas di lintasan, dan rencananya akan rampung pada pekan terakhir Januari 2017.

Artikel Tag: sirkuit catalunya, luis salom, moto2, motogp 2016, motogp 2017, f1 2017

2852