Berita Sepak Bola: Pasca Kecelakaan Pesawat, Chapecoense Tetap Wajib Bermain di Liga Brasil

Penulis:
Jum'at , 14:36 WIB
Berita Sepak Bola: Pasca Kecelakaan Pesawat, Chapecoense Tetap Wajib Bermain di Liga Brasil

Presiden sementara Chapecoense, Ivan Tozzo

Ligaolahraga - Berita Sepak Bola: Presiden sementara Chapecoense mengklaim federasi sepak bola Brasil, CBF, coba memaksa mereka untuk tampil dalam partai terakhir liga Brasil, yang hanya berjarak 12 hari setelah tragedi kecelakaan pesawat pada Selasa (29/11).

Total 71 orang, termasuk 19 pemain Chape, plus staf klub dan sejumlah jurnalis tewas ketika pesawat yang mengangkut skuad itu ke Kolombia untuk putaran pertama final Copa Sudamericana menghadapi Atletico Nacional, jatuh dalam perjalanan ke Medellin.

Akibat kecelakaan itu, CBF mengumumkan bahwa semua pertandingan yang digelar pekan ini – putaran kedua Copa do Brasil pada Rabu (30/11) malam lalu dan 10 pertandingan Campeonato Brasileiro pada Minggu (4/12) mendatang – akan ditunda.

Tanggal 11 dan 12 Desember dipatok sebagai kemungkinan digelarnya partai-partai yang tertunda, tapi sepertinya kecil kemungkinan Chape akan dipaksa kembali bertanding secepat itu setelah kehilangan sebagian besat skuadnya dalam musibah yang begitu mengejutkan.

Toh Ivan Tozzo menyatakan kepada pihak media haru Rabu (30/11) bahwa presiden CBF, Marco Polo del Nero, meneleponnya dan mendesak klubnya memainkan pertandingan mereka melawan Atletico Mineiro pada salah satu tanggal di atas.

“Dia mengatakan kepada saya, ‘Pertandingan ini harus dilaksanakan. Harus jadi sebuah perayaan besar,” kata Tozzo kepada Globo. “Saya jawab, ‘Kami tak punya 11 pemain.’ Dia berkata: ‘Tentu kamu punya. Kamu punya tim yunior, sisa pemain (di Chapeco). Tidak masalah. Kamu harus menggelar sebuah perayaan besar.’”

Pertandingan pada hari Minggu akan menutup musim kompetisi Brasil: kejuaraan nasional yang berlangsung dari bulan Mei sampai Desember. Periode liburan jadi jeda kompeitsi, sebelum kejuaraan negara bagian dimulai tepat pada Tahun Baru.

Insiden ini menimbulkan dilema organisasional bagi CBF, tapi banyak pihak di Brasil yang bakal terkejut jika Chape diperintahkan untuk bertanding dalam waktu dekat.

Klub-klub Brasil lainnya telah menawarkan untuk meminjamkan pemainnya ke klub yang berbasis di Santa Carina secara gratis, meski rencana itu belum bisa direalisasikan dan baru bisa diwujdukan tahun depan.

Del Nero sendiri dicari otoritas hukum di AS atas tuduhan korupsi dan pencucian uang terkait Piala Dunia 2014. Sudah lebih dari setahun dia tidak keluar dari Brasil karena takut ditangkap.

Artikel Tag: chapecoense, ivan tozzo, cbf, pesawat jatuh, copa sudamericana, sepak bola