Berita Liga Inggris: Meski Jarang Bermain, Rooney Tetap Menjadi Kapten Timnas Inggris

Penulis:
Jum'at , 13:48 WIB
Berita Liga Inggris: Meski Jarang Bermain, Rooney Tetap Menjadi Kapten Timnas Inggris

Wayne Rooney

Liga Olahraga - Berita Liga Inggris: Kasus foto mabuk Wayne Rooney yang sempat membuat heboh beberapa waktu lalu, ternyata tak membuat pemain Manchester United tersebut kehilangan jabatannya sebagai Kapten tim nasional (Timnas) Inggris.

Hal ini ditegaskan oleh manajer timnas Inggris, Gareth Southgate. Menurut dia, Rooney tetap dipertahankan sebagai kapten, walaupun dirinya tak selalu bermain dalam pertandingan yang dijalani Three Lions.

Rooney sendiri masih menyandang kapten dalam empat pertandingan awal saat Southgate masih menjabat sebagai manajer sementara. Usai diangkat menjadi manajer tetap dan sepakat memperpanjang masa bakti hingga 2020, dia akan tetap mempertahankan Rooney sebagai kapten tim, meski sang pemain tak mendapatkan jaminan untuk bisa bermain setiap saat.

“Wayne Rooney adalah kapten Inggris, saya telah mengatakan di awal periode sebagai manajer interim. Saya memilihnya sebagai pemain inti dalam dua dari empat pertandingan, itu artinya dia tidak harus selalu bermain,” kata Southgate.

Kendati demikian, kata dia, penting sekali ada pemain lain yang bisa memimpin Inggris selain Rooney. Southgate menjelaskan saat dirinya membela Timnas Inggris pada 1996, banyak sekali terdapat kapten klub yang dipanggil.

“Penting untuk melahirkan lebih banyak pemimpin. Ketika saya bermain, tepatnya pada 1996 banyak sekali kapten klub yang masuk Timnas Inggris,” ujarnya.

Southgate menambahkan Rooney sudah memainkan peran penting bagi Timnas Inggris saat ini, namun dirinya memerlukan pemain lain untuk bisa berkembang dan menjadi pemimpin di kemudian hari.

“Kami harus memberi kesempatan untuk memimpin lewat cara yang berbeda. Wayne sudah memainkan peran penting dan bisa terus seperti itu, namun kita juga harus membantu pemain lain berkembang,” ungkapnya.

Artikel Tag: wayne rooney, manchester united, liga inggris, gareth southgate, timnas inggris