Berita Tinju: Bila Kalahkan Tony Bellew, David Haye Ingin Hadapi Anthony Joshua

Penulis:
Jum'at , 12:45 WIB
Berita Tinju: Bila Kalahkan Tony Bellew, David Haye Ingin Hadapi Anthony Joshua

David

Ligaolahraga - Berita Tinju: David Haye berharap kemenangan atas Tony Bellew akan menghasilkan pertarungan menghadapi Anthony Joshua yang menurutnya akan 'memecahkan semua rekor'. Haye, mantan juara dunia kelas penjelajah dan berat, akan menghadapi Bellew di O2 Arena, London, pada 4 Maret 2017.

Haye (28-2, 26 KO), 36 tahun, absen selama lebih dari tiga tahun sebelum kembali naik ring pada Januari lalu  dan berharap bisa mengalahkan juara kelas penjelajah WBC Bellew (28-2-1, 18 KO) dalam duel kelas berat nongelar yang akan membuka kemungkinan pertemuan dengan Joshua yang tak terkalahkan.

Tapi Joshua (17-0, 17 KO), 27 tahun, memiliki rencana tersendiri, dimulai dengan upaya mempertahankan gelar kelas berat IBF untuk kedua kalinya menghadapi petinju AS Eric Molina  (25-3, 19 KO) pada 10 Desember mendatang. Jika sukses, rencana berikutnya adalah melawan eks petinju no.1 dunia Wladimir Klitschko.

Namun ‘'The Hayemaker', yang pernah menyandang gelar juara dunia kelas berat WBA anrara 2009 dan 2011, yakin akan menghadapi Joshua pada 2017. “Dia akan melawan Klitschko pada bulan April dan semoga Joshua memenangi duel itu, lalu terserah (pihak penyiar) untuk menetukan kapan akan digelar,” kata Haye.

Namun, kata Haye, itupun jika Joshua memang ingin bertarung dengannya. “Dia tidak menyebut mau bertarung dengan saya, tak pernah satu kalipun, walaupun pertarungannya bisa dilaksanakan di Wembley, yang sangat aneh menurut saya.

Yang jelas, Haye berharap duel Joshua-Klitschko itu bisa terlaksana. “Klistchko sudah tidak bertarung 1,5 tahun dan inilah saatnya jika ingin mengalahkan Klitschko karena dia sudah cukup lama tidak aktif,” kata Haye. “Joshua lebih muda dan segar. Duel saya dengannya akan memecahkan semua rekor.”

Menurut Haye, pertarungan perebutan gelar jura dunia tidaklah ditentukan oleh siapa yang menduduki peringkat, tapi ditentukan oleh seberapa banyak yang bisa Anda tawarkan. “(Duel) ini akan menjadi pertarungan dengan pemasukan kotor terbesar di O2 Arena.”

Haye merasa Joshua tidak teruji setelah merebut gelar IBF dari petinju AS Charles Martin pada ronde kedua pada bulan April. “Joshua belum pernah mengalahkan seorang juara bertahan,” ujarnya.

Artikel Tag: tony bellew, david haye, anthony joshua, tinju