Berita Tenis: Mantan Petenis Nomor Satu Inggris Jadi Kapten Tim Fed Cup

Penulis:
Kamis , 21:30 WIB
Berita Tenis: Mantan Petenis Nomor Satu Inggris Jadi Kapten Tim Fed Cup

Anne Keothavong

Ligaolahraga - Berita Tenis: Anne Keothavong resmi menjadi kapten tim Fed Cup Inggris yang baru setelah pengunduran diri Judy Murray, yang tak lain adalah ibu dari petenis peringkat 1 dunia, Andy Murray.

Murray telah menjadi kapten tim Fed Cup hampir lima tahun sebelum mengakhiri perannya pada Maret bulan ini dan memilih fokus pada keluarganya. Tim Inggris saat ini bermain di Grup 1 Zona Eropa/Afrika. Tahun ini mereka berhasil menang atas Georgia dan Afrika Selatan, tetapi kalah dari Belgia.

Kapten yang baru, Keothavong, merupakan petenis kunci bagi tim Fed Cup selama ia masih berkarier di dunia tenis setelah melakoni 40 pertandingan di ajang Fed Cup. Mantan petenis yang berada di peringkat 50 besar tersebut berpartisipasi di ajang Fed Cup selama 12 tahun (2001 – 2013) dan mencatatkan 22 kemenangan dan 22 kekalahan.

“Saya senang dan merasa terhormat untuk menerima posisi ini dalam olahraga yang saya cintai. Sungguh suatu kehormatan untuk melihat semua kesuksesan Inggris di lapangan selama beberapa tahun terakhir, terutama dalam 12 bulan terakhir,” ungkap Keothavong.

Peran baru Keothavong tersebut didukung oleh petenis nomor 1 Inggris, Johanna Konta, yang melihat pentingnya dipimpin oleh seseorang yang telah berpengalaman bermain di ajang Fed Cup.

“Saya pikir Anne adalah pilihan bagus sebagai kapten tim Fed Cup kami selanjutnya. Ia akan memimpin berdasarkan pengalamannya karena ia pemenang di lapangan dan ia mengetahui apa yang dilakukan untuk bermain di ajang seperti itu untuk negara kami. Saya berharap yang terbaik baginya dan menantikan kiprahnya di tahun 2017,” timpal Konta.

Sebagai bagian dari peran barunya, Keothavong akan hadir di Australian Open Januari mendatang dan menjadi tes pertamanya sebagai kapten. Tim Inggris akan mengunjungi Estonia pada Februari untuk bermain di Grup 1 Zona Eropa/Afrika.

Saat ini, Inggris memiliki tiga petenis putri yang berada di peringkat 100 besar. Pertengahan musim ini, Konta menjadi petenis Inggris pertama yang menembus peringkat 10 besar sejak Jo Durie pada Agustus 1984. Sementara itu, Heather Watson berada di peringkat 76 dan Naomi Broady berada di peringkat 88.

Menjadi runner up empat kali pada periode 1967 – 1981, Inggris belum bermain lagi di grup dunia ajang Fed Cup sejak tahun 1993.

Artikel Tag: tenis, fed cup, johanna konta, heather watson, naomi broady