Berita F1: Legenda F1 Sebut Lewis Hamilton Seperti 'Balerina Kecil'

Penulis:
Kamis , 20:48 WIB
Berita F1: Legenda F1 Sebut Lewis Hamilton Seperti 'Balerina Kecil'

foxsportsasia.com

Ligaolahraga - Berita F1: Geram dengan taktik "nakal" Lewis Hamilton di seri pamungkas Grand Prix Abu Dhabi hari Minggu lalu (27/11), legenda F1, Jackie Stewart, menjuluki sang Juara Dunia tiga kali itu seperti "seorang balerina kecil".

Kala itu, Hamilton memelankan laju Silver Arrow-nya (julukan mobil Mercedes) dengan sengaja saat memimpin race, agar Nico Rosberg tersalip oleh mobil lain yang berada di belakangnya. Namun, taktik ‘nakal’ tersebut terbukti tak membuahkan hasil, pasalnya, sang pebalap Jerman berhasil mengamankan titel Driver Championship musim ini yang sekaligus menjadi titel pertamanya di ajang F1.

Aksi kontroversial Hamilton di lap-lap penghujung balap di sirkuit Yas Marina justru menuai banyak kritikan dari berbagai pihak, termasuk legenda balap F1, Jackie Stewart.

“Saya rasa dia (Lewis Hamilton) bisa jadi seorang balerina kecil,” ujar Stewart pada Press Associatio. “Toto Wolff dan Niki Lauda bukanlah orang bodoh, termasuk pemimpin Mercedes yang sering datang ke grand prix. Anda tak bisa membahayakan pabrikan multi-national sebesar itu hanya dengan seorang pria yang berbuah kecerobohan.”

Stewart yakin Hamilton punya kewajiban untuk mematuhi perintah seperti yang tertuang dalam kontraknya.

“Maaf jika saya mengatakan ini, tapi jika Anda dibayar sekitar 20 sampai 30 juta poundsterling per tahun dan Anda disuruh melakukan sesuatu, maka Anda harus melakukannya. Tak peduli siapa pun Anda,” jelasnya.

“Ini bukan pertama kalinya dia melawan instruksi tim, dan jika terus seperti itu, mereka mungkin akan mengeluarkannya. Dia hanya mengaspal dalam 21 seri setahunnya. Itu bukan masalah besar. Kita bekerja untuk menghasilkan uang, dan mereka bahkan tak banyak melakukan uji coba sekarang ini.

“Mercedes hanya harus memberinya peringatan keras. Tapi, saat mereka melakukannya nanti, mereka harus mengatakan ‘inilah yang akan terjadi jika Anda sekali lagi mengabaikan instruksi’. Atau jika tidak, dia bisa dihukum secara finansial.”

Artikel Tag: lewis hamilton, f1, jackie stewart, mercedes, gp abu dhabi 2017, f1 abu dhabi 2016