Berita MotoGP: Jorge Lorenzo Diminta Mengubah Gaya Balapnya di Ducati, Mengapa?

Penulis:
Kamis , 19:12 WIB
Berita MotoGP: Jorge Lorenzo Diminta Mengubah Gaya Balapnya di Ducati, Mengapa?

Jorge Lorenzo

Ligaolahraga - Berita MotoGP: Gaya membalap Jorge Lorenzo yang berbeda sama sekali dengan pebalap lainnya rupanya menjadi PR besar bagi sang Manager Ducati Corse, Luigi Dall'Igna di musim mendatang. Lantas, haruskan Jorge Lorenzo mengubah gaya balapnya?

Kelemahan motor Ducati memang menjadi PR besar bagi sang Manager Ducati Corse, Luigi Dall’Igna. Namun dengan hadirnya sang Juara MotoGP tiga kali, Jorge Lorenzo di garasi Ducati, berati ada tugas lain yang menanti Ducati, mengingat gaya balap Lorenzo tak terlalu cocok dengan motor Ducati saat ini.

“Sayangnya, style membalap Jorge itu berbeda dengan para pebalap yang pernah membela tim Ducati juga pebalap MotoGP lainnya,” ungkap Dall’Igna seperti yang dilansir dari laman Speedweek.

“Jadi kami perlu ide lebih untuk motornya nanti. Saya memang sudah punya sedikit ide untuk ini sebab Jorge sudah pernah membalap untuk saya di World Championship kelas 250cc, tapi itu sudah dulu sekali dan kelasnya pun berbeda. Itulah sebabnya uji coba di Valencia beberapa waktu lalu sangatlah penting. Di sana, kami harus bisa menganalisa perbaikan apa saja yang diperlukan untuk Jorge secara mendetail.”

Tugas yang menghadang Gigi Dall’Igna di musim 2017 tidak akan mudah, pasalnya ia perlu mendesain motor Desmosedici GP17 tanpa winglets. “Aerodinamis tentu sangat penting dalam motor MotoGP, tapi itu bukan satu-satunya penentu seperti dalam balap mobil. Tekanan yang dihasilkan winglet itu relatif rendah. Kami mungkin masih bisa membuat set-up yang pas.

“Tentu winglet sangatlah berguna, pasalnya, motornya akan lebih kencang ketimbang yang tidak menggunakan winglet. Namun perbedaannya cukup sedikit. Dan jelas, mengembangkan motor Ducati tanpa winglet bukan masalah besar.”

Saat melakoni pengujian di Valencia, Dall’Igna sempat membeberkan jika kelemahan terbesar Ducati adalah lajunya di tikungan. Namun kelebihan pebalap anyar Ducati, Jorge Lorenzo justru lajunya saat di tikungan.

Lantas, apakah motor Ducati 2017 akan cocok dengan gaya membalap Jorge Lorenzo? Ataukah sang pebalap Spanyol yang harus merubah driving style-nya?

Inilah komentas Gigi Dall’Igna, “Keduanya pasti bisa diselesaikan. Jorge itu cerdas. Dia paham motor barunya akan sama sekali berbeda dari motornya sebelumnya, yang sudah ia tunggangi di ajang MotoGP selama sembilan tahun.

“Pertama, dia harus mampu beradaptasi dengan motornya dulu. Lalu ia pasti akan bisa menyesuaikan gaya membalapnya agar ia bisa memaksimalkan kelebihan motor Ducati dengan sempurna.

“Di sisi lain, kami juga harus mampu membuat motor Ducati sebaik mungkin. Ini artinya, kami harus tahu dulu apa saja yang bisa membuat motornya melaju dengan kencang. Lalu, kami harus paham apa yang perlu kami perbaiki agar Jorge bisa memanfaatkan kelebihannya. Yang jelas, kami perlu bekerja sama demi mencapai target kami,” akhiri Dall’Igna.

Artikel Tag: ducati corse, luigi dall'igna, lorenzo, jorge lorenzo, rossi, gp 2017, motogp 2017