Berita UFC: Conor McGregor Terpaksa Lepas Gelar Kelas Ringan Miliknya, Dipaksa UFC?

Penulis:
Rabu , 21:00 WIB
Berita UFC: Conor McGregor Terpaksa Lepas Gelar Kelas Ringan Miliknya, Dipaksa UFC?

Conor akan beristirahat bertarung di Octagon sampai Mei 2017

Ligaolahraga - Berita UFC: Masa Conor McGregor sebagai pemegang dua gelar UFC telah berakhir. Sabtu lalu, UFC mengumumkan McGregor - yang merebut gelar kelas ringan dari Eddie Alvarez di UFC 205 dua pekan lalu - telah melepas gelar kelas bulu miliknya dan lebih memilih titel 155-pound yang baru.

McGregor (21-3) meraih gelar UFC 145-pound pada Desember lalu ketika meng-KO Jose Aldo dalam 13 detik di UFC 194, tapi dia tidak pernah mempertahankan gelar tersebut. McGregor memilih bertarung dua kali di kelas ringan: Nate Diaz pada 2016, sebelum menantang Alvarez pada 12 November.

Dengan keluarnya pengumuman ini, Aldo (6-2), yang mengalahkan Frankie Edgar untuk merebut gelar interim di UFC 200 pada Juli lalu, kini diangkat menjadi juara kelas bulu yang baru. Aldo yang menjadi juara kelas bulu pertama dalam sejarah UFC, melakoni tujuh duel mempertahankan gelar sebelum kalah dari McGregor.

Sebagai ungkapan frustrasi karena tidak bisa melakukan tarung ulang menghadapi McGregor, Aldo minta dilepas dari kontraknya dengan UFC pada September lalu – satu hari setelah duel Alvarez-McGregor diumumkan – mengklaim dirinya tak lagi mempercayai Presiden UFC Dana White.

Selain itu, pertarungan utama UFC 206 yang baru pada 10 Desember antara Max Holloway dan mantan juara kelas ringan Anthony Pettis akan digelar sebagai duel interim gelar kelas bulu. Pemenangnya akan menghadapi Aldo pada 2017.

Duel itu menggantikan pertarungan ulang UFC kelas berat ringan antara Daniel Cormier and Anthony Johnson, yang batal setelah Cormier menarik diri akibat cedera pangkal paha. Batalnya pertarungan Cormier-Johnson ini yang menjadi penyebab McGregor harus melepas salah satu titelnya.

UFC kelabakan mencari pengganti untuk pertarungan utama UFC 206. Menurut sumber dekat dengan McGregor, kubunya sadar UFC mungkin akan mencopot gelar McGregor demi menyelamatkan gelaran UFC 206. McGregor sendiri tidak memberikan komentar apa pun setelah kehilangan gelarnya ini, tapi sebelumnya dia pernah mengatakan tidak ingin melepas salah satu gelarnya.

McGregor, 28 tahun, tidak akan bertarung pada awal 2017 karena menunggu kelahiran anak pertamanya dan kemungkinan masuk Octagon lagi setelah Mei tahun depan. Dia pantas mengambil masa rehat setelah melakoni empat pertarungan dalam 11 bulan terakhir.

Artikel Tag: conor mcgregor, eddie alvarez, jose aldo, dana white, mma, ufc