Berita Badminton: Sistem 11x5 Dorong Generasi Muda Untuk Jadi Lebih Kompetitif, Kata Presiden BWF

Penulis:
Rabu , 17:40 WIB
Berita Badminton: Sistem 11x5 Dorong Generasi Muda Untuk Jadi Lebih Kompetitif, Kata Presiden BWF

Presiden BWF Poul-Erik Hoyer Larsen

Ligaolahraga - Berita Badminton: Sistem skor 11x5 (11 poin, 5 set) yang berbeda dengan format 21 poin di bulu tangkis saat ini akan mendorong pemain usia muda menjadi lebih kompetitif. Demikian kata Presiden Badminton World Federation (BWF) Poul-Erik Hoyer Larsen.

Kepada wartawan setelah meluncurkan SS Purple League 2016-17 di Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (29/11), Larsen berkata bulu tangkis memerlukan perubahan dan tantangan untuk memastikan cabang tepok bulu tersebut tetap menjadi salah satu even teratas di dunia.

“Kami tahu generasi lebih muda ingin hasil yang cepat, dan itu membuat mereka berminat pada bulu tangkis,” kata Larsen. “Mereka juga ingin lebih cepat mencapai ‘peak’, ‘peak’ yang membuat mereka lebih bersemangat untuk bermain bulu tangkis.”  

Sistem skor 11 poin yang diusulkan BWF ini memantik komentar beragam dari para pemain. Peringkat satu dunia Lee Chong Wei termasuk salah satu yang mendukung sistem 11 poin ini karena memberikan keuntungan kepada pemain berpengalaman.

Namun, Larsen berkata tidak ada bukti dalam studi kasus yang mereka lakukan bahwa para pemain senior akan memenangi lebih banyak gelar jika sistem 11 poin tersebut diimplementasikan.

“Para pemain memerlukan kecepatan lebih dalam tubuh mereka dan juga harus memiliki mental yang kuat sepanjang pertandingan karena terkadang situasinya akan sulit. Mereka itulah yang punya keuntungan,” ujar Larsen, mantan pebulu tangkis terbaik Denmark di eranya.

Artikel Tag: poul-erik hoyer larsen, sistem skor 11x5, lee chong wei, bwf