Berita MotoGP: Berdasar Hasil Analisis, Ini Kelemahan Motor Suzuki pada Musim 2016

Penulis:
Rabu , 15:10 WIB
Berita MotoGP: Berdasar Hasil Analisis, Ini Kelemahan Motor Suzuki pada Musim 2016

Andrea Iannone

Liga Olahraga - Berita MotoGP - Musim MotoGP 2017, Tim Suzuki Ecstar memiliki duo pebalap baru yakni Andrea Iannone dan Alex Rins. Kedua pebalap tersebut akan menggantikan pebalap sebelumnya Aleix Espargaro yang pindah ke Aprilia dan Maverick Vinales ke Yamaha.

Suzuki memiliki harapan tinggi kepada dua pebalap barunya menghadapi musim depan terutama kepada Iannone yang pernah membalap bersama Ducati Corse. Pengalamannya dalam mengembangkan motor Ducati Desmosedici diharapkan membantu Suzuki untuk mengembangkan performa motor Suzuki GSX-RR.

Bos Suzuki Ecstar, Davide Brivio mengatakan pihaknya sudah melakukan analisis terkait kelemahan motor Suzuki GSX-RR pada musim 2016 ini. Duo pebalap sebelumnya, Espargaro dan Vinales sudah memberitahukan kekurangan dari motor Suzuki tersebut kepada tim.

“Masalah yang dihadapi Aleix dan Maverick musim lalu sudah dibicarakan kepada kami. Ini jadi modal kami untuk melakukan perkembangan motor pada musim depan,” kata Brivio.

Brivio menjelaskan kelemahan terbesar Suzuki GSX-RR pada musim lalu yakni jika kondisi ban saat basah. Hal ini sangat mempengaruhi kecepatan motor Suzuki tersebut. Dia menuturkan pebalap barunya, Iannone juga sudah menyampaikan hal yang sama.

“Iannone juga sudah memberikan kami masukan. Kami tahu apa yang harus kami lakukan. Kami juga harus memperhatikan ban saat keadaan basah. Ini  yang menjadi masalah kami tahun lalu dan itu juga menjadi kelemahan pada kami,” ujarnya.

Lebih jauh, Brivio menungkapkan pada musim depan motor yang akan digunakan Iannone dan Rins sama dengan yang dipakai Vinales dan Espargaro. Suzuki sendiri memang tidak membuat mesin baru untuk musim 2017 mendatang.

“Ini bukan mesin baru namun kami hanya mengubah beberapa komponen. Kami akan membawa mesin ini saat uji tes di Sepang pada 2017 nanti dan kemudian akan memutuskan akan menggunakannya sebelum GP Qatar dimulai,” tambahnya.

Artikel Tag: suzuki ecstar, andrea iannone, alex rins, motogp