Berita Sepak Bola: Hanya Dua Pemain Chapecoense Selamat Dalam Kecelakaan Pesawat di Kolombia

Penulis:
Selasa , 21:45 WIB
Berita Sepak Bola: Hanya Dua Pemain Chapecoense Selamat Dalam Kecelakaan Pesawat di Kolombia

Kondisi pesawat nahas yang mengangkut skuad Chapecoense ke Kolombia

Ligaolahraga - Berita Sepak Bola: Total 76 orang, termasuk pemain dan staf klub sepak bola Brasil Chapecoense, tewas setelah pesawat mereka jatuh di pegunungan terpencil di Kolombia, Senin (28/11) malam. Tercatat hanya lima orang yang selamat, dua di antaranya pemain Chapecoense.

Skuad Chapecoense menaiki pesawat yang tinggal landas dari Bolivia menuju Bandara Internasional Medellin. Sedianya mereka akan berlaga di putaran pertama final Copa Sudamericana menghadapi wakil Kolombia, Atletico Nasional pada Rabu (30/11).

Dari lima penumpang yang selamat, dua di antaranya adalah pemain klub divisi utama Brasil itu: pemain belakang Alan Ruschel dan kiper Jackson Follmann. Sebenarnya kiper lainnya, Danilo, juga masih hidup saat ditarik dari reruntuhan, namun kemudian menghembuskan napas di rumah sakit.

Tiga orang lainnya yang selamat adalah seorang jurnalis bernama Rafael Hensel, serta dua kru pesawat, Ximena Suarez dan Erwin Tumiri. Total ada 81 orang yang menaiki pesawat nahas tersebut: 22 pemain, 28 staf klub, 22 jurnalis, dan sembilan kru pesawat.

Alan Ruschel is said to have suffered head injuries in the crash in the remote Colombian mountains

Salah satu pemain Chapecoense yang selamat, Alan Ruschel, dilarikan ke rumah sakit

Kabarnya, para pemain diminta berganti pesawat yang kemudian malah jatuh setelah pihak otoritas aviasi Brasil melarang mereka menaiki pesawat sewaan. Pesawat nahas ini ternyata pernah mengangkut skuad timnas Argentina untuk pertandingan di Brasil awal bulan ini. Juga pernah menjadi alat transportasi timnas Venezuela.

Putaran pertama final yang sedianya dilaksanakan Rabu besok dinyatakan ditunda. Sementara organisasi sepak bola Amerika Selatan CONMEBOL menyatakan telah menghentikan semua kegiatan mereka.

Federasi sepak bola Brasil CBF memilih menunggu detil keseluruhan terait tabrakan pesawat tersebut, sebelum memutuskan untuk menunda jalannya kompetisi domestik. Divisi utama Brasil, Serie A, masih menyisakan sekali putaran lagi akhir pekan ini, dengan penentuan tim yang terdegradasi.

Stunned supporters of Chapecoense try to come to terms with the news of the plane crash 

Fans Chapecoense memadati Stadion Arena Conda, menunggu berita seputar kecelakaan yang menimpa tim mereka

Chapecoense mengeluarkan pernyataan singkat yang berbunyi: “Semoga Tuhan bersama para atlet kita, ofisial klub, jurnalis, dan tamu-tamu lainnya yang ikut bersama rombongan kami.” Sementara penyerang Chapecoense, Alejandro Martinuccio, yang tak ikut berangkat ke Kolombia, menge-tweet: “Tolong doakan rekan-rekan saya, saya mohon.”

Pesawat jenis British Aerospace Avro RJ85 yang dioperasikan oleh jasa penerbangan sewaan LaMia, menyatakan situasi gawat darurat pada pukul 10 malam waktu setempat setelah mengalami mati mesin saat terbang melewati pegunungan Antioquia Department.

Artikel Tag: chapecoense, pesawat jatuh, copa sudamericana, sepak bola