Berita TSC 2016: Penampilan Kedua Persib Dapat Apresiasi Pelatih

Penulis:
Kamis , 06:15 WIB
Berita TSC 2016: Penampilan Kedua Persib Dapat Apresiasi Pelatih

Anwar Sanusi

Liga Olahraga - Berita TSC 2016 : Kiper kedua Persib, Muhammad Natshir saat ini mulai rutin mengisi starting line up ketika I Made Wirawan mengalami cedera. Performanya pun mendapat apresiasi dari pelatih kiper Persib, Anwar Sanusi.

Penjaga gawang yang akrab disapa Deden itu semakin sering mendapat minutes play bersama skuat utama Maung Bandung. Penampilannya di empat laga pamungkas Persib pun disebut oleh Anwar Sanusi patut diberi acungan jempol. Meski tidak pernah melakukan cleansheet, namun Anwar menilai Deden sudah semakin percaya diri di bawah mistar. Kiper muda itu pun tidak pernah melakukan blunder fatal.

"Tidak ada masalah, dia udah on the track. Kebobolan tak hanya terkait dengan kiper, terutama di proses gol. Sejauh ini kan ga ada yang individu kesalahan kiper, dia sudah cukup bagus," terang Anwar ketika ditemui di Mes Persib, Rabu (19/10).

Menurutnya jumlah kebobolan yang banyak tidak bisa menjadi acuan kiper bermain buruk. Karena bisa saja ada andil dari ini pertahanan yang terlalu mudah ditembus. Gawang kiper asal Soreang itu sudah kemasukan 6 kali dari 4 laga, namun Anwar menyebut secara permainan Deden sudah stabil. Bahkan ada gol yang berasal dari titik putih ketika menghadapi Madura United.

"Enam dari empat penampilan, secara statistik ga bagus tapi performa cukup bagus menurut saya. Dia mulai stabil, kalau dari semua pemain malah dia yang paling stabil," ungkapnya.

Di laga terakhir, Deden sendiri harus memungut bola dari gawangnya saat bertamu ke Mitra Kukar. Kedua gol itu pun berasal dari situasi sepak pojok. Mengenai komunikasi Deden dengan pemain belakang, Anwar mengatakan bahwa Deden sebenarnya sudah meminta rekan-rekannya untuk mengawal lawan di kotak penalti.

"Komunikasi udah berjalan, tapi kan komunikasi itu harus interaksi dari dua arah, mungkin ada yang tidak respons. Dia harus lebih berani kasih komando karena dia lebih tahu," ungkapnya.

Tapi kemampuan Deden pun masih jauh dari kata sempurna. Pelatih kiper yang semasa aktif merupakan andalan Maung Bandung di Liga Indonesia I itu mengatakan ball distribution Deden masih perlu dibenahi. Karena goal kick sang pemain masih sering jatuh ke penguasaan bola lawan. Dia juga tak mampu memainkan bola saat hendak membangun serangan dari bawah dan selalu terburu-buru melepas passing.

"Mungkin ada (kurang) di distribusi bola seperti dari goal kick. Kalau lagi build up juga dia masih suka kurang tenang," tandasnya.

Artikel Tag: anwar sanusi, deden natshir, persib, bandung, tsc 2016